unescoworldheritagesites.com

Manggis dan Rambutan NTB Sasar Uni Emirat Arab - News

Manggis NTB diekspor ke Uni Emerat Arab. (Suara Karya/Istimewa)

: Nusa Tenggara Barat kembali mengekspor manggis dan rambutan lagi ke Uni Emirat Arab. Manggis yang diekspor sebanyak 800 kilogram dan 200 kilogram buah rambutan asal Lombok Barat.

“Pengiriman buah segar senilai 4.072,6 dollar Amerika Serikat tersebut dilakukan pada Jumat (21/1/2023) lalu oleh eksportir asal Lombok Barat. Nilai ekspor dari dua buah NTB mencapai 4.072,6 dollar Amerika Serikat,” kata Kepala Dinas Perdagangan NTB, Baiq Nelly Yuniarti.

Menurut Baiq Nelly Yuniarti, ekspor buah manggis dan rambutan NTB keUni Emirat Arab baru pertama kali, dilakukan ke China pada 2022 oleh PT Bintang Agro.

 

Baca Juga: Support P4S Buana Lestari, Kementan Genjot Komoditas Ekspor Kakao Dan Manggis

“Sebelumnya buah hasil petani Lombol Barat terlebih dahulu masuk ke proses pensortiran sebelum di bungkus dan dikirim,” Baiq Nelly menjelaskan.

 

Baca Juga: Diluncurkan Program Pemberdayaan Urban Di Kebon Manggis

Ia menambahkan, buah asal NTB yang dieskpor sudah mengantongi surat keterangan asal (SKA) supaya buah hasil petani tetap atas nama NTB ketika diekspor.

Menurut Nelly, dengan adanya SKA bisa menjadi peluang produk-produk NTB bakal membuka peluangekspor ke Dubai, Uni Emirat Arab.

“Kami juga menyampaikan kepada eksportir agar apabila ada kemungkinan permintaan terhadap produk NTB yang lain juga pakai SKA NTB karena dengan adanya ekspor ini membuka pintu masuk ke Dubai,” tutupnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat