unescoworldheritagesites.com

PLN UID Jatim Pastikan 15 Pulau di 3T Sumenep dan Bawean sudah Terlistriki - News

 PLN UID Jatim siap tuntaskan kelistrikan wilayah kepulauan di Sumenep dan Bawean

: PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur terus gencarkan elektrifikasi di wilayah 3T (terluar, terdepan, dan tertinggal). Upaya itu dilakukan sebagai bentuk dukungan PLN menuntaskan mandat pembangunan infrastruktur kelistrikan.

Menurut General Manager PLN UID Jawa Timur Lasiran, sepanjang 2022, pihaknya telah mengaliri 200 desa dengan jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 114,18 kms, jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 330,68 dengan biaya investasi senilai Rp. 112,62 M.

"Tahun 2023 ini, PLN akan memfokuskan elektrifikasi di wilayah 3T khususnya kepulauan di Sumenep dan Bawean. Dari 48 pulau berpenghuni di wilayah itu, sudah 15 pulau yang berhasil terlistriki PLN," ujarnya, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga: Lirik Lagu Pedhot Janji - Damara De

Tahun ini, pihaknya akan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal di 16 lokasi kepulauan dengan total kapasitas 975 kWp. Potensi yang ada di wilayah itu sebanyak 8.434 pelanggan.

Lasiran menambahkan upaya melistriki ini tidak terlepas dari berbagai kendala seperti kondisi medan yang sulit dan berbukit-bukit, gelombang tinggi dan sebagainya. Tapi dengan koordinasi dan sinergi bersama stakeholder, PLN berharap menuntaskan program Jatim yang menargetkan 100% elektrifikasi pada tahun 2024.

Dia menjelaskan bahwa PLN memiliki misi mewujudkan kehidupan yang lebih baik, mendorong perekonomian dapat terwujud bagi seluruh masyarakat Jawa Timur khususnya di wilayah 3T dan kepulauan.

Baca Juga: Lirik Lagu Aiya Cik Siti ‘Marilah Mei Mei Oi Mari Sayang’ yang Sedang Viral

Rasio elektrifikasi Jatim sendiri sudah mencapai 99,39 persen. Namun secara agregat sebenarnya sudah mencapai 100 persen," ujarnya.

Sebetulnya Light for All 2023, kata dia, sangat bisa dijangkau, tapi untuk kepulauan-kepulauan ini masih harus kita sisir ulang. Tapi dengan komitmen dan tekad kita bersama, Light for All 2024 diyakini bisa terwujud. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat