unescoworldheritagesites.com

Hadiri Wisuda IT Del Binaan Menko Luhut di Sumut, Menko Airlangga: Digital adalah Masa Depan - News

Hadiri Wisuda IT Del Binaan Menko Luhut di Sumut, Menko Airlangga: Digital adalah Masa Depan. (Kemenko Ekonomi)

: Untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maju, transformasi digital merupakan hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi karena memungkinkan terjadinya pertumbuhan eksponensial dan lompatan pendapatan ke depan.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri acara Wisuda dan Dies Natalis Institut Teknologi Del ke-22 di Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (23/9/2023).

“Jadi, ini juga menjadi satu hal yang sangat dekat dengan para alumni Del, bahwa digital adalah masa depan. Dengan strategi yang tepat, ekonomi digital mulai meningkat,” ujar Menko Airlangga.

Baca Juga: Asian Games XIX 2022 Hangzhou: Upacara Pembukaan Bhinneka Tunggal Ika Hiasi

Turut hadir dalam kegiatan wisuda sebanyak 398 mahasiswa Institut Teknologi Del (IT Del) tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) yang sekaligus Ketua Pembina Yayasan Del Luhut Binsar Panjaitan.

Menurut Menko Airlangga, dalam upaya mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, pemerintah terus mendorong kemandirian dan kedaulatan teknologi.

Pemerintah pun menaruh perhatian dan mengapresiasi peran serta seluruh lapisan masyarakat untuk ikut mempersiapkan Indonesia menjadi negara yang mampu bersaing di era teknologi digital.

Baca Juga: KPK Jebloskan ke Tahanan Empat Tersangka Baru Kasus Pembangunan Gereja Kingmi Mile

Di sisi lain, momentum bonus demografi yang mendekati puncaknya pada tahun 2041 juga harus diterima dengan kemandirian teknologi sekaligus memenuhi kekurangan tenaga kerja dan talenta global.

Pemerintah, kata Airlangga, juga telah menerapkan sejumlah strategi pengembangan ekonomi digital.

Strategi tersebut antara lain melalui Perjanjian Kerangka Kerja Ekonomi Digital ASEAN, penyiapan SDM melalui penciptaan talenta digital, dan peningkatan aksesabilitas melalui pemerataan infrastruktur digital.

Baca Juga: Sebelum Masuk PSI, Kaesang Mengaku Minta Restu Ayah dan Kakaknya, Meski Tak Dibalas Gibran

Kemudian, pengembangan bisnis ekonomi digital untuk mendorong technopreneurship dan digitalpreneurship, meningkatkan keamanan dan privasi, serta memperkuat penelitian dan inovasi melalui kerja sama dengan universitas dan dunia usaha.

Dalam kesempatan itu, Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa fundamental perekonomian Indonesia saat ini dalam kondisi sangat baik dengan pertumbuhan ekonomi yang relatif kuat dibandingkan dengan banyak negara lain di dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat