unescoworldheritagesites.com

Kemenhub Perkuat Angkutan Kapal Ternak untuk Dukung Swasembada Daging Nasional - News

Kemenhub dukung perwujudan swasembada daging nasional

: Untuk mendukung upaya swasembada daging nasional, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut (Hubla) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis Angkutan Khusus Ternak dengan tema "Sinergi dan Kolaborasi untuk Mewujudkan Regularitas Layanan Angkutan Khusus Ternak yang Ekonomis, Efektif dan Efisien”.

Rapat yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan bertujuan untuk memastikan keberlanjutan layanan angkutan laut khusus ternak yang ekonomis, efektif, dan efisien. Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Hubla, Capt Antoni Arif Priadi, mengungkapkan selama beberapa tahun terakhir, angkutan laut khusus ternak mengalami pertumbuhan yang signifikan, Kemenhub menyediakan enam (6) unit angkutan laut khusus ternak. Hal ini sebagai wujud dalam mendukung program pemerintah dalam swasembada daging nasional " tuturnya, Kamis (26/10/2023).

Pada tahun 2015, muatan ternak mencapai 353 ekor hewan ternak, sementara pada tahun 2022, angka ini melonjak menjadi 42.398 hewan ternak. Hingga Oktober 2023, angkutan laut khusus ternak telah melayani enam trayek dan singgah di 14 pelabuhan, dengan realisasi muatan ternak mencapai 23.600 ekor.

Baca Juga: Penyidik Pidsus Kejati Sumbar Tetapkan Lagi Tiga Tersangka Kasus Ternak dan Jebloskan ke Tahanan

"Kementerian Perhubungan terus berupaya melakukan inovasi dalam pengembangan dan peningkatan layanan angkutan laut khusus ternak,"  katanya.

Antoni mengajak seluruh kementerian, lembaga, dan stakeholder terkait untuk meningkatkan sinergitas, komunikasi, dan kolaborasi guna memastikan layanan angkutan laut khusus ternak berjalan ekonomis, efektif, dan efisien serta memberikan manfaat bagi masyarakat di daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan (T3P).

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kemenhub akan terus melakukan evaluasi yang berkesinambungan atas pelaksanaan angkutan laut khusus ternak. Kegiatan rapat koordinasi teknis angkutan khusus ternak diharapkan dapat menjadi wadah untuk mendapatkan masukan dari narasumber dan stakeholder terkait dengan tujuan agar penyelenggaraan angkutan laut khusus ternak yang ekonomis, efektif, dan efisien dapat terwujud.

"Kemenhub berkomitmen untuk terus berinovasi demi kemajuan sektor angkutan laut khusus ternak demi kepentingan masyarakat Indonesia," tuturnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat