unescoworldheritagesites.com

Analyst Meeting, Penyaluran Kredit Bank Jatim Tembus 12,61 Persen - News

Dirut Bank Jatim, Busrul Iman (2 dari kanan) usai Analyst Meeting

: Kinerja PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) pada triwulan III tahun 2023, terus menunjukkan angka positif.

Hingga bulan ke-9 tahun 2023, melalui beberapa implementasi atas strategi yang dicanangkan perseroan, secara keseluruhan relatif memenuhi target.

Kenyataan itu terungkap lewat dari paparan analyst meeting yang dilaksanakan Bank Jatim dalam rangka pemaparan kinerja Triwulan III tahun 2023 di Hotel Alila SCBD Jakarta, Senin (30/10/2023).

Baca Juga: Masinton PDIP Sebut Putusan MK Terkait Gibran Ancaman Amanat Reformasi

Analyst meeting tersebut dihadiri para direksi Bank Jatim yaitu Direktur Utama Busrul Iman bersama dengan Direktur Keuangan, Treasury & Global Services Edi Masrianto serta Direktur Mikro, Ritel & Menengah R Arief Wicaksono.

Dalam paparannya, Busrul Iman menyebutkan bahwa asset tumbuh sebesar 8,69% (YoY) atau sebesar Rp107 triliun dengan kontribusi dari peningkatan asset produktif yaitu kepemilikan surat berharga yang naik 10,29% (YoY), penyaluran kredit tumbuh 12,61% (YoY).

Sedangkan pengelolaan asset produktif perseroan menghasilkan pendapatan bunga yang tumbuh 3,8% (YoY) dengan laba bersih di bulan September 2023 sebesar Rp 1,09 triliun.

Baca Juga: PDIP Ungkap Gagal Bimbing Gibran Namun Sukses Didik Ganjar, Antara Pembangkangan dan Loyalitas serta Teguh

Busrul melanjutkan, sesuai dengan visi misi perseroan di tahun 2023 yaitu Menjadi BPD No 1 di Indonesia dan menjadi benchmark untuk peer groups, maka pada Triwulan 3 2023 ini Bank Jatim secara masif terus mengembangkan bisnis diluar captive market yang telah dikuasai selama ini.

Caranya, perbankan ini menjadikan captive market tersebut sebagai entry point untuk memasuki market area baru. Di antaranya dengan gencar melakukan penyaluran kredit produktif, penggalian dana murah untuk segmen atas dan penetrasi layanan devisa.

”Pengembangan digitalisasi untuk seluruh aspek baik business process maupun penyediaan produk dan jasa digital, layanan devisa juga kami lakukan untuk memberikan pengalaman perbankan yang baru bagi nasabah eksisting maupun untuk meraih market area yang baru,” ujarnya.

Baca Juga: Hasto Sebut Keluarga Jokowi Mendapat Privilege dari PDI Perjuangan, Begini Respon Gibran

Selanjutnya, dari sisi kredit, selama Triwulan III tahun 2023 ini, bankjatim berhasil mencatatkan peningkatan pertumbuhan kredit yang signifikan yakni 12,61% (YoY).

Pertumbuhan tersebut di atas rata rata pertumbuhan sektor industri perbankan per September yaitu di angka 8,96% (YoY). Pertumbuhan kredit tertinggi bankjatim terjadi pada sektor produktif (komersial & SME) sebesar 25,44 % (YoY) dan sektor konsumer sebesar 4,74% (YoY).

”Kami rasa akses pembiayaan terhadap pelaku usaha harus dibuka selebar-lebarnya agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru," ujarnya lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat