unescoworldheritagesites.com

BPJamsostek Jakarta Salemba Gelar Aktivasi KKBC, Sosialisasi dan Edukasi ke Pekerja Informal - News

Di sela BPJamsostek Salemba gelar aktivasi KKBC,Kepala Bidang Kepesertaan Program Khusus Aris Setiawan menyempatkan diri menyerahkan santunan JKM pada seorang ahli waris.

 
: BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) cabang Jakarta Salemba gelar aktivasi Kampanye Kerja Keras Bebas Cemas (KKBC) di Pasar Senen Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023). 
 
Dalam gelaran tersebut, BPJamsostek Salemba mensosialisasi dan mengedukasi, betapa pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan, terutama yang terkait dengan risiko sosial. 
 
Kegiatan BPJamsostek Salemba kali ini menyasar pada para pekerja informal atau pekerja Bukan Penerima Upah (BPU). Seperti pedagang, tukang parkir, tukang ojek, hingga kuli panggul di pasar. . 
 
 
Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Kepesertaan Program Khusus Aris Setiawan yang langsung berada di Pasar Senen Jaya menyatakan, menyampaikan edukasi manfaat program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan pada pekerja informal butuh strategi khusus
 
"Salah satunya ya lewat kegiatan ini," ucapnya. Menurut dia, pekerja informal harus dijangkau dengan pendekatan khusus. Sosialisasi harus dilakukan secara masif lewat komunitas profesinya.
 
Dengan kegiatan turun langsung tertuju ke para pekerja informal, terang Aris, bisa diketahui problem banyaknya pekerja informal, misalnya mengapa status kepesertaannya nonaktif. 
 
 
Edukasi, ujar Aris, selain terkait manfaat, juga masalah pembayaran iuran serta proses klaim yang belum banyak dipahami.
 
Untuk itulah, terangnya, kegiatan Aktivasi Kampanye KKBC dilakukan di pasar-pasar, lewat sosialisasi, edukasi dan pengenalan kanal dan aplikasi yang sudah disediakan BPJamsostek, yang sangat memudahkan peserta. 
 
Sris menyebutkan, beberapa kanal yang ada, seperti pengajuan klaim lewat Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik) yang dapat diakses melalui lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id atau aplikasi JMO (jamsostek mobile) yang menyediakan fitur layanan digital.
 
 
Di antaranya pengkinian atau memperbarui data peserta, pengajuan dan pelacak klaim JHT, informasi tentang lokasi kanal pelayanan, Promo, Berita terkait dengan jaminan sosial tenaga kerja, Pengaduan, Laporan terkait layanan yang diberikan, serta Informasi manfaat.
 
Di sisi lain, pembayaran iuran juga kian mudah dengan akses yang luas baik lewat PPOB perbankan, e-commerce, mitra agregator, maupun keagenan. 
 
Informasi macam ini yang  disampaikan BPJamsostek Salemba pada para pekerja informal. Sehingga pekerja yang pernah daftar tapi terkendala karena ketidaktahuan mereka jadi teredukasi dan melanjutkan kepesertaannya.
 
 
Di sela-sela kegiatan aktivasi, Aris juga sempat menyerahkan santunan JKM, kepada ahli waris, suami pemetik cabai di Pasar Senen Jaya yang meninggal saat bekerja.***
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat