unescoworldheritagesites.com

PT Pelindo Persiapkan Pelabuhan untuk Antisipasi Puncak Arus Libur Nataru 2023 - 2024 - News

Arus libur menggunakan kapal laut mulai ramai, termasuk di Pelabuhan Tanjung Priok.

: Jelang arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo/Persero) Regional 2 mempersiapkan enam (6) terminal penumpang dari 12 cabang pelabuhan.

Pelabuhan yang disiapkan untuk melayani penumpang arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di antaranya Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Teluk Bayur, Pelabuhan Palembang, Pelabuhan Pontianak, Pelabuhan Tanjung Pandan, dan Pelabuhan Pangkalbalam.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengumumkan prediksi puncak arus mudik Natal terjadi pada 22-23 Desember 2023 dan Tahun Baru pada 29-30 Desember 2023. Selain itu, Kemenhub juga menyebutkan perkiraan puncak arus balik Natal terjadi pada 26-27 Desember 2023 dan Tahun Baru pada 1-2 Januari 2024.

Baca Juga: PT JSN Memprediksi Puncak Arus Mudik Natal di Tol Solo Ngawi Terjadi Tanggal 23 Desember

Regional Head 2 Pelindo Drajat Sulistyo menyampaikan untuk mengantisipasi puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru tersebut kami menjalankan langkah-langkah preventif berupa memastikan kesiapan sarana dan prasarana terminal penumpang dan pelabuhannya.

“Kita juga menambahkan pelabuhan alternatif untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik khususnya di wilayah Sumatera ke Jawa atau kebaliknya, dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk membuat posko mudik bersama,” kata Drajat Sulistyo, Selasa (19/12/2023)

Untuk memaksimalkan pelayanan mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 khususnya di Pelabuhan Palembang, Regional 2 Palembang telah selesai merenovasi terminal penumpang pelabuhan Boom baru.

Baca Juga: Mudik Gratis Libur Nataru 2023-2024 dari Ditjen Hubdat Kementerian Perhubungan

Drajat Sulistyo secara langsung meresmikan terminal penumpang pelabuhan Boom baru beserta Pj Gubernur Sumatera Selatan, Dr. Drs. A Fatoni, M.Si dan General Manager Pelindo Regional 2 Palembang, Nunu Husnul Khitam.

“Terminal Penumpang Boom Baru yang baru diresmikan berkapasitas tampung penumpang sampai dengan 300 orang yang melayani rute Palembang – Muntok”, jelas Drajat.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Direktur Jenderal Bina Marga tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan selama masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Nataru 2023 – 2024. Yang menetapkan Pelabuhan Ciwandan secara contingency/optional sebagai Pelabuhan Alternatif selama periode Angkutan Nataru mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024.

Baca Juga: Kemenhub Pastikan Siap Antisipasi Lonjakan Libur Nataru 2023-2024, Termasuk dengan Mudik Gratis Bagi Pengguna Sepeda Motor

Terkait hal tersebut, Regional Head 2 PT Pelabuhan Indonesia (Persero) telah menerima laporan dari General Manager (GM) Pelindo Regional 2 Banten Agung Fitrianto bahwa Pelabuhan Ciwandan dijadikan pelabuhan alternatif dengan ketentuan apabila terjadi penutupan Pelabuhan Merak akibat cuaca ekstrem dan terjadi lonjakan kedatangan kendaraan penumpang dan angkutan barang. Maka seluruh dan atau sebagian kendaraan mobil barang tujuan Pulau Sumatera.

“Untuk mendukung program tersebut, Pelabuhan Ciwandan telah menyediakan berbagai fasilitas diantaranya Dermaga 03 dan 07 dengan total panjang 131 Meter, kemudian menyiapkan area lapangan parkir (buffer area) truck logistik seluas 25.000 M2 dengan kapasitas 600 unit yang digunakan sementara dalam mendukung Angkutan Nataru 2023 -2024,” tutur Drajat.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat