unescoworldheritagesites.com

Baketrans dan Unair Bekerja Sama Rumuskan Kebijakan Transportasi - News

Baketrans dan Unair bekerjasama merumuskan transportasi yang mau begitu pesat.

:  Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan memperkuat sinergi dengan berbagai pihak sebagai upaya penguatan dalam penyelenggaraan analisis dan pemberian rekomendasi kebijakan bidang transportasi, salah satunya dengan Universitas Airlangga (UNAIR). Guna mewujudkan sinergi tersebut, Baketrans diwakili oleh Kepala Badan Kebijakan Transportasi, Robby Kurniawan bersama Rektor Universitas Airlangga, Mohammad Nasih menandatangani Kesepakatan Bersama, Jumat (2/2/2024), di Kampus C Universitas Airlangga, Surabaya.

Kepala Baketrans, Robby Kurniawan menyampaikan bahwa Baketrans selaku unit kerja koordinator dalam pemberian rekomendasi kebijakan diharapkan mampu memberikan rekomendasi kebijakan yang solutif atas permasalahan dan tantangan penyelenggaraan transportasi.

“Badan Kebijakan Transportasi tidak dapat bekerja sendiri dalam melaksanakan tugasnya, sehingga diperlukan kolaborasi dengan berbagai stakeholders. Sesuai arahan Menteri Perhubungan untuk terus menjalin kolaborasi pentahelix, di mana berbagai macam stakeholders terlibat dalam penyusunan rekomendasi kebijakan baik dari pemerintah, akademisi, Masyarakat, bisnis dan media,” jelasnya.

Baca Juga: Kendati Sudah Favorit, Menhub Tetap Minta Sekolah Transportasi Tingkatkan Kualitas Lulusan

Rektor Universitas Airlangga, Mohammad Nasih menyambut baik adanya kerja sama ini. Pihaknya siap melakukan kolaborasi dalam penyelenggaraan analisis dan rekomendasi kebijakan transportasi.

"Perkembangan teknologi transportasi sangat pesat, sehingga perlu diantisipasi dan dikelola dengan baik. Dengan adanya kolaborasi ini semoga dapat menjawab tantangan di sektor transportasi dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, kenyamanan dan kemanfaatannya" ujar Nasih.

Penandatanganan kesepakatan bersama ini menjadi komitmen Baketrans dan UNAIR dalam menciptakan pelayanan transportasi yang efektif dan efisien, serta nyaman, aman, dan selamat.

Baca Juga: Kemenhub Komit Hadirkan Layanan Transportasi Publik yang Merakyat

Adapun ruang lingkup Kesepakatan Bersama ini meliputi penyelenggaraan analisis dan rekomendasi kebijakan bidang transportasi, pemanfaatan tenaga ahli, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan data dan informasi, penulisan jurnal ilmiah, pertemuan ilmiah, dan Ppeningkatan perpustakaan.

Dari hasil penandatanganan kerja sama ini selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan skema lebih teknis salah satunya adalah Kajian Evaluasi Hukum Bidang Transportasi yang nantinya akan dikerjasamakan dengan Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

Baca Juga: Layanan Transportasi Laut Terus Ditingkatkan dan Dioptimalkan

Sebelumnya, tahun 2023 Baketrans telah bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan, Kementerian dan Lembaga Negara lain, maupun mitra perguruan tinggi dalam peningkatan kualitas kebijakan transportasi. Beberapa di antaranya adalah kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Hasanudin, PT. PAL Indonesia dalam hal analisis teknis pada sektor maritim, kerja sama dengan MLIT Jepang terkait peningkatan layanan cold chain, kerja sama dengan AirNav Indonesia terkait penyelenggaraan layanan navigasi penerbangan serta Tahun 2024 kerja sama dengan Universitas Padjajaran.

Dengan adanya sinergi yang berkelanjutan ini, diharapkan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan dapat merumuskan dan memformulasikan rekomendasi kebijakan yang optimal.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat