unescoworldheritagesites.com

RUPS Tahunan, Bank Jatim Tebar Dividen Jumbo Rp816 Miliar - News

Kanan ke kiri Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat RUPS

: Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) membuahkan sejumlah agenda.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mewakili Pemprov Jatim sebagai pemegang saham pengendali dan seluruh dewan komisaris serta direksi Bank Jatim, hadir dalam RUPS di Surabaya pada Rabu (7/2//2024) tersebut.

Menurut Khofifah, Bank Jatim sebagai BUMD, memainkan peranan sangat penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Jawa Timur. Melalui pembiayaan dan dukungan finansial, Bank Jatim telah mendorong sektor-sektor utama dalam perekonomian termasuk di antaranya mendukung pengembangan UMKM di Jawa Timur.

Baca Juga: ODOL Rugikan Negara maupun Masyarakat

Dia menjelaskan bahwa, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur sangat positif. Capaian PDRB menunjukkan kontribusi 14,22 persen atas pembentukan PDB Indonesia dan 24,99 persen terhadap PDRB untuk pulau Jawa.

Selain itu, stabilitas sistem keuangan pada triwulan 3 tahun 2023 juga terpantau terjaga dengan baik. Berdasarkan data OJK, rasio kecukupan modal, kecukupan likuiditas, dan resiko kredit perbankan masih terjaga di batas aman.

”Struktur kredit di Jawa Timur didominasi oleh kredit rumah tangga yang berkontribusi 28 persen, diikuti kredit perdagangan yang berkontribusi 26,10 persen, dan kredit industri berkontribusi 21 persen. Hal ini mencerminkan bahwa adopsi kredit pada masyarakat rumah tangga berkontribusi secara masiv dalam transaksi keuangan secara regional,” ujar Khofifah.

Baca Juga: Pengoperasian Jalan Tol Bakal Picu Peningkatan Kinerja Pelabuhan Kuala Tanjung

Dalam RUPS Tahunan Tahun Buku 2023, Bank Jatim berhasil membagi dividen sebesar Rp54,39 / lembar saham. Nilai tersebut naik dari dividen tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 53,09 / lembar saham.

Sehingga secara keseluruhan, total dividen yang dibagi kepada pemegang saham berada di angka Rp 816.692.940.679,98 atau sebesar 55,55% dari laba bersih Tahun Buku 2023.

Pembagian dividen yang selalu meningkat di setiap tahunnya, mampu menjadikan saham BJTM sebagai salah satu saham favorit pilihan masyarakat dalam berinvestasi.

Baca Juga: Penerbangan ke Timur Tengah Diperkuat, Garuda Buka Rute Baru Jakarta-Doha PP

Khofifah juga menceritakan tentang peresmian sebuah korporasi yang dibentuk dari koperasi di Bojonegoro. Menurutnya hal itu menjadi goodnews dan referensi bagi Bank Jatim untuk meluaskan bagaimana sebuah koperasi didorong untuk membentuk korporasi.

Khofifah juga menyebut dukungan lain Bank Jatim terhadap UMKM melalui program percepatan dana bergulir atau dagulir. Hingga Desember 2023 jumlah dagulir yang telah disalurkan mencapai Rp475,97 miliar untuk 12.525 debitur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat