unescoworldheritagesites.com

PLN UID Jatim Gelar Pelatihan Penanganan Limbah B3 - News

Petugas PLN UID Jatim saat mengikuti Pelatihan dan Simulasi Penanganan Limbah B3

: PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur (UID Jatim) menggelar kegiatan simulasi tanggap darurat penanganan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Kegiatan PLN UID Jatim untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi keadaan darurat terkait limbah B3 ini dilaukan berlokaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya.

Menurut General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo, kegiatan ini bertujuan untuk menekankan pentingnya kesiapsiagaan dan pemahaman terhadap prosedur penanganan limbah B3.

Baca Juga: IIMS 2024 Surabaya, PLN UID Jatim Sosialisasikan Program untuk Kendaraan Listrik

"Kegiatan ini sangat penting untuk memastikan seluruh pegawai dan tenaga alih daya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam menangani limbah B3," ujarnya.

Dengan adanya simulasi ini, pihaknya berharap dapat memperkuat budaya keselamatan dan kesehatan kerja serta meningkatkan kepatuhan terhadap regulasi lingkungan

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan awareness akan berbahayanya limbah B3 ke lingkungan. Seperti apabila ceceran limbah minyak trafo mencemari air tanah, maka air tanah tersebut sudah tercemar oleh limbah B3 dan perlu dilakukan uji laboratorium apabila akan dikonsumsi.

Baca Juga: Konversi Solar ke Listrik di Wilayah PLN UID Jatim Terus Meningkat

Dalam penanganan tersebut, petugas wajib menggunakan APD, seperti hazmat, kacamata, masker dan sarung tangan, guna mencegah adanya kontaminan yang terhirup.

Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Anies Wijayanti yang turut hadir dan memberikan pengarahan menyatakan apresiasinya terhadap langkah proaktif PLN dalam mengadakan simulasi ini.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat