unescoworldheritagesites.com

Road to ISO 50001: 2018, SidoMuncul Lakukan Training Sistem Manajemen Energi - News

Direktur SidoMuncul Irwan Hidayat memberikan arahan kepada 45 karyawan terpilih dalam rangka road to ISO 50001 : 2018  dengan mengikuti training sistem manajemen energi SidoMuncul (AG Sofyan)

 
: PT Industri Jamu dan Farmasi SidoMuncul Tbk berkomitmen akan terus mematuhi ketentuan regulasi yang ditetapkan pemerintah, khususnya untuk meraih ISO 50001 : 2018 dengan melakukan training sistem manajemen energi.
 
Penegasan ini disampaikan Direktur SidoMuncul Irwan Hidayat saat memberikan arahan kepada 45 karyawan terpilih dari perusahaan jamu dan farmasi terbesar serta termodern tersebut di Pabrik SidoMuncul, Klepu, Bergas, Ungaran, Jawa Tengah, Selasa (28/2/2023).
 
Ke-empat belas karyawan tersebut adalah mereka yang terpilih menjalani pelatihan dan training khusus dalam mengelola manajemen energi.
 

"Kami siap membantu pemerintah dalam menjaga lingkungan. Kali ini, SidoMuncul tengah mengejar proses implementasi ISO 50001 : 2018 untuk lingkungan, sebagai upaya meningkatkan kinerja energi, efesiensi energi dan penghematan biaya energi," ujar Irwan kepada wartawan.

Menurutnya, salah satu langkah menuju ISO 50001 : 2018 ini dengan melakukan Auditor Training kepada para karyawan terpilih dan terseleksi.

Irwan mengatakan, ISO 50001 : 2018 ini sangat penting bagi perusahaan, sekaligus dalam rangka meningkatkan kepercayaan dari karyawan dan juga konsumen terhadap produk-produk SidoMuncul. 

Baca Juga: Lima Kali Raih Penghargaan Industri Hijau Bukti Konsistensi SidoMuncul Efisienkan Sumber Daya Berkelanjutan

"Terlebih lagi, dengan adanya ISO 50001 : 2018 ini menjadikan kita mengetahui secara detail berapa penghematan masing-masing elemen dalam produksi," kata Irwan.

“Selama ini kita berbicara hemat energi, tapi kita tidak tahu angkanya berapa? Cost masing-masing produksi dalam pabrik tidak kita ketahui. Tahunya kita hemat gitu aja. Dengan adanya ISO 50001 : 2018 ini, kita akan tahu berapa penghematan masing-masing elemen dalam produksi,” jelasnya

Irwan menjelaskan, ISO 50001 : 2018 ini adalah sistem manajemen pengelolaan konsumsi energi dan menghitung efisiensi energi.

Baca Juga: 34 Daftar Lagu Daerah Nusantara Lengkap Dengan Asal Daerahnya

“Dengan melakukan evaluasi pemakaian energi, dapat diketahui apakah pemakaian energi sudah lebih efisien dibandingkan sebelumnya atau tidak,” tutur sulung dari 5 bersaudara generasi kedua SidoMuncul yakni Irwan Hidayat, J Sofjan Hidajat, Johan Hidayat, Sandra Hidayat dan David Hidayat ini.

Dengan ISO 50001 : 2018 ini, lanjut Irwan, data penggunaan energi juga lebih akurat. Dengan begitu, saat membutuhkan investasi baru, perusahaan dapat memilih penggunaan teknologi hemat energi yang mendukung program efisiensi pada seluruh aktivitas pabrik.

“Kita sangat bersyukur, implementasi ISO 50001 : 2018 di SidoMuncul ini mendapat dukungan dari Kementerian Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) melalui Dirjen EBTKE (Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi) yang bekerjasama dengan UNDP Indonesia melalui program nasional MTRE3 (Market Transformation For Renewable Energy dan Energy Efficiency),” ungkap Irwan.

Baca Juga: Lirik Lagu Apuse Dan Terjemahannya

Komitmen Dukung Pemerintah

Seperti diketahui, UNDP adalah organisasi dibawah PBB, yang berfokus pada pembangunan yang berkelanjutan di seluruh dunia. Selain itu EnerCoSS (Energy Conservation and Sustainability Solution) sebagai lembaga swasta Indonesia, dipilih mendampingi SidoMuncul untuk Pemenuhan Dokumen.

“Pada 28 Februari sampai 2 Maret 2023, diberikan pelatihan Audit Internal (baik konsep dan lapangan) dan trainer-trainernya semua dari ErnerCoSS. Sedangkan sertifikasi ISO 50001 : 2018 direncanakan akan diberikan pada bulan Oktober 2023,” beber Irwan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat