unescoworldheritagesites.com

Mau Ikut Program Motis 2023, Bisa Daftar Langsung di Stasiun Purwosari Solo - News

Tempat pendaftaran Motis 2023 di Stasiun Purwosari Solo (Istinewa/ KAI Daop 6)

 

KAI Daop 6 Yogyakarta mendukung program angkutan Motor Gratis (Motis) yang kembali digelar oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan. 

Pendaftaran program Motis 2023 ini sudah dimulai sejak 1 Maret lalu hingga 3 Mei 2023 mendatang.  Melalui web mudikgratis.dephub.go.id atau langsung melalui Posko Motis di wilayah Daop 6 Yogyakarta yaitu di Stasiun Purwosari Solo dan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta

Angkutan mudik Motis akan diberangkatkan pada 11 sampai 20 April, sedangkan angkutan balik Motis dilaksanakan pada 25 April sampai 4 Mei 2023.

DJKA Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan Motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation) yang akan melayani 3 lintas pelayanan yaitu Lintas Utara dengan rute Cilegon - Jakarta Gudang - Semarang Tawang, Lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang - Purwosari, dan Lintas Selatan dengan rute Kiaracondong - Purwosari. 

"KAI sebagai BUMN operator perkeretaapian mendukung penuh program Motis ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa motornya ke kampung halaman," jelas EVP Daop 6 Yogyakarta Raden Agus Dwinanto Budiadji, dalam rilisnya, Senin (27/3/2023).

Lebih lanjut Raden Agus mengatakan KAI siap turut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan Motis. 

Baca Juga: Indonesia di Hannover Messe 2023: Membuka Gerbang Investasi Teknologi Industri

"Dengan menggunakan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi serta meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2023 ini,” jelasnya lagi.

Masyarakat dapat menikmati layanan tarif Rp0 untuk angkutan motor dan hanya Rp10 ribu s.d Rp20 ribu untuk tarif penumpangnya. Untuk info lebih lanjut terkait Motis, masyarakat dapat mengakses mudikgratis.dephub.go.id, akun Instagram @motis_2023, atau melalui WhatsApp Customer Service Motis 2023 di nomor 0812-1995-8427.

Menurut Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Djarot Tri Wardhono, program Motis tahun ini, DJKA Kemenhub akan menyiapkan sebanyak 10.440 slot motor secara gratis dan 46.720 tempat duduk penumpang. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat