unescoworldheritagesites.com

Ditjen Hubla Persilakan Daftar Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Baru Terisi 50 Persen - News

 Ditunggu pemudik gratis sepeda motor

 

: Kuota mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2023 baru terisi sebanyak 2.768 motor dari total kuota 5.000 motor dan untuk penumpang sejumlah 6.306 orang dari total kuota 10.000 orang.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt Hendri Ginting mengatakan, menurut data pada Minggu, 26 Maret 2022 pukul 15.30 WIB, untuk arus mudik rute Tanjung Priok - Tanjung Emas keberangkatan tanggal 15 April 2023 masyarakat yang sudah mendaftar sebanyak 273 motor dan 602 orang sedangkan untuk keberangkatan tanggal 17 April 2023 sebanyak 1.089 motor dan 2.499 orang.

“Sedangkan untuk arus balik dengan rute Tanjung Emas - Tanjung Priok, untuk keberangkatan tanggal 25 April 2023 sudah terisi 389 motor dan 932 orang. Sedangkan untuk keberangkatan tanggal 28 April 2023 terisi 1.017 motor dengan 2.273 orang penumpang,” tuturnya, Minggu (26/3/2023).

Dia mengatakan pendaftaran tetap dilayani setiap hari, termasuk Sabtu dan Minggu. Hal tersebut merupakan komitmen dari Direktorat Jendral Perhubungan Laut untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis sepeda motor dengan menggunakan kapal laut.

Baca Juga: Program Mudik Gratis Kemenhub Atasi Lonjakan dan Kurangi Penggunaan Sepeda Motor

“Pendaftaran secara offline tetap buka setiap hari meskipun Sabtu dan Minggu merupakan hari libur, kami tetap buka pendaftaran karena masyakat yang ingin mendaftar dan verifikasi mungkin tidak dapat dilakukan karena bekerja pada hari kerja. Ini bukti kami dari Direktorat Jendral Perhubungan Laut untuk terus melayani masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis,” katanya.

Sebagai informasi Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jendral Perhubungan Laut pada tahun 2023 kembali mengadakan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.  Pendaftaran dan registrasi mudik motor gratis dilakukan secara online dan offline.

Untuk pendaftaran online melalui https://mudikgratis.dephub sedangkan untuk pendaftaran offline dilakukan di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Gedung Cipta lantai dasar Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jl Medan Merdeka Barat no 8 Jakarta Pusat.

Sementara itu, pendaftaran program mudik gratis sepeda motor gratis atau program Motis 2023 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian untuk tanggal-tanggal favorit, seperti arus mudik 16-20 April dan arus balik 25-28 April dibuka pada 1 April 2023.

Baca Juga: Tiket Mudik Gratis Bareng Indomaret Poinku 2023 Hadir Di 3 Kota, Yuk Cek Syarat Dan Ketentuannya!

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Djarot Tri Wardhono mengatakan perbedaan pendaftaran program Motis 2023 ini untuk menghindari penumpukan penumpang di tanggal-tanggal tertentu. Adapun pendaftaran untuk arus mudik tanggal 11-15 April dan arus balik tanggal 29 April - 4 Mei telah dibuka sejak 1 Maret lalu.

"Ada tanggal-tanggal favorit yang baru kami buka pada 1 April 2023, yaitu arus mudik  16 sampai 20 April dan untuk arus baliknya  25 sampai 28 April 2023. Kami lakukan ini untuk memberikan pemerataan dari tanggal-tanggal yang kami sediakan, sehingga semua tanggal bisa terisi oleh angkutan motor maupun angkutan penumpang," ujar Djarot.

Dia menjelaskan pemberlakuan perbedaan tanggal pemesanan ini berdasarkan dari evaluasi Kemenhub tahun lalu di mana peminat Motis paling banyak di tanggal-tanggal seperti itu, "Dulu pun kami buka langsung ngumpulnya di tanggal-tanggal favorit itu, makanya kami buka di 1 April itu supaya bisa tersebar pendaftarnya," jelas Djarot.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat