unescoworldheritagesites.com

Presiden Jokowi Minta Diperbaiki Manajemen Pengaturan Arus Mudik Lebaran 2023 - News

Pelabuhan Merak pada arus mudik sebelumnya

: Kendati sudah dimatangkan sedemikian rupa, Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap meminta agar manajemen pengaturan arus mudik diperbaiki hingga pemudik tak berlama-lama di jalan dan terjebak kemacetan.

Tidak itu saja, Jokowi juga meminta menteri hingga wali kota turun langsung ke lapangan. Hal itu diutarakan Presiden Jokowi saat mengunjungi Pelabuhan Merak, Banten, dan menggelar rapat terbatas bersama Menteri Perhubungan, Panglima TNI, Kapolri dan Menteri BUMN, Dirut ASDP, hingga Pj Gubernur Banten.

“Kenapa saya ke sini tidak lain ingin memastikan bahwa semua yang kita harapkan bisa berjalan dengan baik dan masyarakat betul-betul terlayani dengan baik, tidak ada yang merasa berlama-lama di jalan, berlama-lama di pelabuhan, ada kemacetan, itulah saya kira yang kita harapkan," kata Jokowi di Pelabuhan Merak, Selasa (11/4/2023).

Jokowi menyoroti beberapa permasalahan angkutan Lebaran tahun lalu, di antaranya kemacetan di jalur Cikuasa Atas dan Bawah menuju Pelabuhan Merak serta kurangnya rest area di tol.

Baca Juga: Volume Kendaraan Meningkat, Sistem Buka-Tutup Diberlakukan Di Pintu Pelabuhan Merak 

"Mudik tahun yang lalu ada catatan-catatan yang harus kita perbaiki dan catatan besarnya itu ada di Pelabuhan Merak dan juga di jalan tol," katanya mengingatkan.

Jokowi berharap pemangku kebijakan terkait mudik dapat melihat secara detail apa yang menjadi permasalahan tahun lalu sehingga bisa diperbaiki pada arus mudik tahun ini. “Secara detail yang bekerja di lapangan itu harus betul-betul melihat sehingga perbaikan dari manajemen dari tahun yang lalu untuk arus mudiknya saat ini harus lebih baik," ujarnya.

Sebelum ke Merak, berdasarkan keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan rombongan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Selasa pagi. Dia tiba dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1, setelah kunjungan kerja di Jawa Tengah.

Baca Juga: Pengoperasian Pelabuhan Indah Kiat, Bantu Urai Kepadatan Kendaraan Di Pelabuhan Merak

Jokowi kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU, dan akan mendarat di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Provinsi Banten. Selanjutnya, Presiden Jokowi menuju Pasar Kelapa di Kota Cilegon untuk mengecek harga-harga kebutuhan pokok sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang di pasar tersebut.

Selanjutnya, Presiden kembali ke Pelabuhan Indah Kiat untuk kemudian lepas landas menggunakan helikopter menuju Jakarta. Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Banten yaitu Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat