unescoworldheritagesites.com

Kemenhub Gelar Kampanye Keselamatan Pelayaran di Lampung Sambut Hari Kemerdekaan RI - News

kampanye keselamatan pelayaran di Lampung sekaligus sambut HUT Kemerdekaan RI

: Untuk meningkatkan kesadaran dan budaya keselamatan di sektor maritim, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut (Hubla) melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Panjang melaksanakan kegiatan Kampanye Keselamatan Pelayaran tahun 2023.

Kampanye dilaksanakan pada tanggal 9 s/d 11 Agustus 2023. "Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya budaya keselamatan di sektor maritim dalam moda transportasi laut di wilayah Pelabuhan Panjang," tutur Plt Kepala Kantor KSOP Kelas I Panjang, Kolonel Mar. Amrul Adriansyah, Rabu (9/8/2023).

Dia menambahkan bahwa tidak lama lagi, Indonesia akan merayakan HUT Kemerdekaan ke-78. Dalam semangat cinta tanah air, pihaknya mengajak semua insan maritim dan stakeholder terkait untuk bersama-sama meningkatkan keselamatan pelayaran agar Indonesia menjadi poros maritim dunia. Dengan demikian, diharapkan keselamatan pelayaran akan membawa kemakmuran melalui kelancaran distribusi logistik, pariwisata, dan perikanan melalui transportasi laut yang efisien.

Baca Juga: Ditjen Hubdat Tingkatkan Kemampuan Syahbandar demi Keselamatan dan Keamanan Pelayaran SDP

"Keselamatan pelayaran bukanlah hanya tanggung jawab pihak tertentu, melainkan merupakan komitmen bersama seluruh pemangku kepentingan maritim," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa Provinsi Lampung, dengan posisinya yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera, serta dikelilingi oleh lautan dan pulau-pulau, menjadikan keselamatan pelayaran memiliki peran penting dalam distribusi logistik, pariwisata maritim, dan perikanan.

"Dalam rangka ini, kami mengajak semua pihak untuk mendukung peningkatan keselamatan pelayaran melalui kesadaran dan komitmen bersama dalam mentaati regulasi nasional dan internasional," ungkapnya.

Baca Juga: Kemenhub Tingkatkan Penegakan Hukum dan Pengawasan Demi Keselamatan Pelayaran

Kampanye ini akan berlangsung setiap tahun dan bukan sekadar seremonial semata, melainkan sebagai wujud nyata komitmen pemerintah dalam menyadarkan masyarakat tentang kebutuhan mutlak akan keselamatan dan keamanan pelayaran.

Kampanye berisi rangkaian kegiatan sosialisasi, pemberian pelayanan gerai e-PAS kecil, serta distribusi life jacket, sertifikat BST, dan surat keterangan kecakapan 30 mil kepada nelayan.

"Penting bagi kami untuk berfokus tidak hanya pada responsifitas terhadap insiden, tetapi juga pencegahan secara massif guna mengurangi jumlah kecelakaan kapal di wilayah pelabuhan Panjang dan seluruh Provinsi Lampung," katanya.

Baca Juga: Indonesia Ikut Bahas Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca pada Industri Pelayaran di Sidang IMO MEPC 80 London

Dalam kesempatan yang sama, Aprianus Hangki, selaku Kabid Status Hukum dan Sertifikasi Kapal KSOP Kelas 1 Panjang mengungkapkan rangkaian kegiatan akan berpusat di Dermaga 4 Ketapang Kabupaten Pesawaran.

"Agenda kegiatan mencakup pelayanan gerai E-Pas kecil, pembagian life jacket, serta pemberian sertifikat BST dan Surat Keterangan Kecakapan 30 Mil," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat