unescoworldheritagesites.com

Kemenhub Dorong Kampus & Lulusan Jadi Agent of Change Lindungi Laut dari Dampak Pelayaran - News

wisuda

: Penguatan peran SDM dan Iptek dalam bidang pelayaran merupakan salah satu strategi untuk  melangkah lebih maju dalam melindungi lingkungan laut sebagai aset manusia yang paling berharga. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono, saat mewisuda 112 Perwira Pelayaran Niaga, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, di Padang Pariaman, Rabu (17/5/2023)

"Hal itu sesuai dengan tema wisuda kali ini yaitu Move towards for a Brighter Future Together to Protect and Preserve the Marine Environment, dimana tema ini merefleksikan sejarah panjang upaya untuk melindungi lingkungan laut dari dampak pelayaran melalui peraturan yang kuat dan komitmen yang berkelanjutan." tuturnya.

Dia menyebutkan bahwa lembaga pendidikan di lingkungan Kementerian Perhubungan harus turut andil dalam mencetak sumber daya manusia transportasi yang memiliki kompetensi dan profesional sehingga dapat memelihara safety, security and protection of the maritime environment seperti yang tertuang dalam undang-undang pelayaran.

Baca Juga: Indonesia, Malaysia dan Singapura Bahas Keselamatan Pelayaran di Selat Malaka & Singapura

"Para wisudawan harus menjadi agent of change yang memiliki kompetensi unggul dan berdaya saing tinggi sehingga dapat berkontribusi dalam memelihara dan meningkatkan keselamatan, keamanan dan perlindungan lingkungan maritim ke depannya." harapnya.

Kepala BPSDMP juga berpesan bahwa menjadi seorang pelaut kedepannya akan menghadapi banyak tantangan salah satunya yaitu masa transisi dari era Industri 4.0 menjadi era society 5.0 dimana kemajuan teknologi di seluruh bidang kehidupan akan bertransformasi lebih cepat. Para Perwira Pelayaran Niaga lulusan Poltekpel Sumatera Barat yang telah dibekali dengan interpersonal skill yang baik harus mampu membangun personal branding dengan menunjukkan sisi profesionalitas, kompetensi serta memiliki karakteristik.

"Tetap jaga semangat kalian agar dapat terus berkarya dan open minded serta senantiasa memiliki leadership dan memberikan sumbangsih yang nyata bagi masyarakat sehingga nilai-nilai prestasi (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas) yang menjadi slogan Badan Pengembangan SDM Perhubungan dapat diwujudkan," katanya.

Baca Juga: Warga Meminta Pemerintah Perhatikan Pengusaha Peduli Rakyat Papua Seperti Perusahaan Pelayaran Tanjung Kumawa

Direktur Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, Capt Wisnu Risianto dalam laporannya mengatakan bahwa para Perwira Pelayaran Niaga yang diwisuda kali ini merupakan lulusan dari  Program Diploma III Studi Nautika yaitu sebanyak 56 wisudawan, DIII Teknologi Nautika sebanyak 53 wisudawan, serta lulusan Program Diploma IV Transportasi Laut sebanyak 3 wisudawan.

Para wisudawan berhak memperoleh ijazah Diploma III Nautika dengan gelar Ahli Madya Transportasi (A.Md.Tra) dan ijazah profesi Ahli Nautika Tingkat III (ANT III); Ijazah Diploma III Teknologi Nautika dengan gelar Ahli Madya Teknik (A.Md.T) dan ijazah profesi Ahli Teknika Tingkat III (ATT III) serta Ijazah Diploma IV Transportasi Laut dengan gelar Sarjana Terapan Transportasi (S.Tr.Tra).***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat