unescoworldheritagesites.com

BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak Gandeng Agen46 BNI Dan Bank Sampah Untuk Perluas Kepesertaan - News

BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak saat melakukan sosialisasi

: BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Surabaya Tanjung Perak menggandeng sejumlah stakeholder untuk mengoptimalkan peningkatan dan perluasan kepesertaan. Kali ini, mereka menggelar sosialisasi dan melakukan kerja sama dengan Agen46 BNI dan Bank Sampah.

Menurut Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak, Theresia Wahyu Dianti, tugas BPJAMSOSTEK adalah melindungi semua pekerja melalui beragam manfaat program yang sudah disediakan.

Melalui program jaminan kecelakaan kerja (JKK) misalnya, peserta yang mengalami musibah saat bekerja, bisa langsung dibawa dan ditangani rumah sakit.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak Tambah Kepesertaan Dari Anggota Baru Gojek

"Pekerja yang ditangani petugas medis itu tidak dipungut biaya sepeser pun. Karena kami akan menanggung penuh berapapun biaya untuk perawatan," ujarnya, Rabu (8/6/2022).

Bahkan jika pekerja itu meninggal saat bekerja, ahli warisnya juga akan mendapat santunan. Proses pendidikan anak dari pekerja yang bersangkutan juga tidak akan terhenti, karena BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan beasiswa hingga perguruan tinggi.

Dia juga mengingatkan bahwa iuran yang dibayarkan untuk menjadi peserta program BPJAMSOSTEK sangat terjangkau, dan sangat tidak sebanding dengan besarnya manfaat yang akan diterima. "Tapi sayangnya, manfaat besar dari program BPJAMSOSTEK ini belum banyak diketahui masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak Gandeng Wartawan Untuk Perluas Kepesertaan

Dalam kegiatan ini, pihaknya juga melakukan penyerahan kartu peserta program BPJAMSOSTEK secara simbolis kepada Machmuda sebagai salah satu agen BNI 46 sekaligus ketua Bank Sampah.

Sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011, setiap pekerja berhak menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang menyelenggarakan empat program perlindungan, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), serta Jaminan Kematian (JKM) dan tahun 2021 ditambah program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Theresia berterima kasih kepada pihak Kantor BNI yang telah mengajak para agen 46 dan pengurus Bank Sampah untuk menjadi peserta program BPJAMSOSTEK. Selain menjadi peserta BPJAMSOSTEK, para Agen46 ini juga bisa melakukan akuisisi pendaftaran kepesertaan dan melakukan pembayaran iuran peserta Bukan Penerima Upah (BPU).

Baca Juga: Pernikahan Deddy Corbuzier Dan Sabrina Chairunnisa Jawab Rasa Penasaran Netizen

Kerja sama ini juga untuk mempermudah tenaga kerja dan peserta dalam mendapatkan informasi dasar, terkait program BPJS Ketenagakerjaan. "Saat ini masih banyak tenaga kerja yang belum mendapatkan informasi jelas tentang BPJAMSOSTEK dan kesulitan dalam akses pembayaran iuran," ujarnya.

Pihaknya berharap, kerja sama ini akan terus berlanjut dan menginspirasi kantor BNI cabang lain khususnya di Surabaya untuk mengikuti jejak Kantor BNI Cabang Surabaya Tanjung Perak, yang mengajak para agennya menjadi peserta program BPJAMSOSTEK.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat