unescoworldheritagesites.com

Airlangga: Pemerintah Optimis Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,2 Persen Tahun 2022 - News

Airlangga Hartarto (Kemenko Ekonomi)

: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan pemerintah tetap optimis bahwa di tahun 2022 ini perekonomian Indonesia dapat tumbuh sebesar 5,2% (yoy).

Penegasan itu disampaikan Menko Airlangga dalam Webinar Bisnis Indonesia Mid-Year Economic Outlook 2022 bertema Prospek Pemulihan Ekonomi Indonesia di Tengah Perubahan Geopolitik Global Pasca Pandemi, di Jakarta, Selasa (2/8/2022).

“Pemulihan tersebut didorong oleh sinergi kesehatan dan kebijakan ekonomi yang mampu mendorong peningkatan konsumsi, investasi, dan ekspor,” ujar Menko Airlangga, dikutip dari laman resmi Kemenko Ekonomi.

Baca Juga: Hasil Riset Digital Telkomsel, eCommerce Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022 adalah ...

Menurut Airlangga, prospek ekonomi Indonesia ke depan semakin memberikan optimisme, meski perkembangan ekonomi global masih dihadapkan kepada berbagai dinamika yang berpotensi menghambat pemulihan.

Proyeksi menguatnya perekonomian Indonesia dapat dilihat dari indikator peluang resesi yang lebih kecil jika dibandingkan negara lain.

Hal ini memberikan keyakinan akan keberlanjutan pemulihan ekonomi Indonesia setelah pandemi.

Indonesia sendiri mempunyai bekal baik, yakni pada Kuartal I-2022 pertumbuhan ekonomi mampu menyentuh angka 5,01%.

Baca Juga: Sistem Integrasi Data Ranmor, untuk Maksimalkan Pendapatan dan Tingkatkan Layanan

Pada sisi konsumsi, Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) serta penjualan ritel terus tumbuh sehingga mampu menjadi insentif bagi industri untuk terus meningkatkan produksi.

Hal ini juga tercermin dari Purchasing Manager Index (PMI) yang terus mencatatkan ekspansi selama 11 bulan beruntun.

Di saat bersamaan, di tengah kenaikan inflasi global, inflasi Indonesia per Juli 2022 sebesar 4,94%, dan ini relatif terkendali jika dibandingkan negara lainnya seperti Jerman yang mengalami inflasi sebesar 7,5% atau Prancis sebesar 6,1%.

Dari sisi eksternal, Indonesia memiliki ketahanan yang terjaga baik dan semakin solid didukung neraca perdagangan yang terus mencatatkan surplus selama 26 bulan berturut-turut.

Baca Juga: Kurangi Pengangguran, Kemnaker Gelar Rakor Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan 2022 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat