unescoworldheritagesites.com

Mitra Bukalapak Tingkatkan Kelas Pelaku UMKM Lewat Komunitas Juwara - News

Mitra Bukalapak yang tergabung dalam Komunitas Juwara (Endang Kusumastuti)

: Mitra Bukalapak berupaya meningkatkan kelas pelaku usaha UMKM dan pemilik warung melalui komunitas Juwara.  Tahun ini, hampir 50.000 anggota Komunitas Juwara, aktif berpartisipasi di berbagai acara yang diselenggarakan oleh Mitra Bukalapak.

Jumlah ini mewakili kenaikan hingga 70 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Saat ini pemilik warung yang tergabung di Komunitas Juwara mencapai 120.000 orang.

"Komunitas Juwara merupakan komunitas yang dibentuk oleh Mitra Bukalapak untuk mengumpulkan para pemilik warung, kios pulsa, dan agen individual yang tersebar di seluruh Indonesia," jelas VP Mitra Operation & Commerce Mitra Bukalapak, Becquini Akbar, di Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: Jelang Pernikahan, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Ziarah ke Makam Raja-Raja Mangkunegara

Melalui Mitra Bukalapak, para pemilik warung di Indonesia berkumpul dan membentuk komunitas Juwara, yang saat ini menjadi komunitas warung terbesar di Indonesia.

Salah satu programnya adalah mempertemukan serta mengedukasi para pemilik warung dan UMKM lainnya supaya bisa naik kelas melalui digitalisasi. 

"Ada program-program di Komunitas Juwara ini. Yang pertama pastinya kita punya namanya Spesial Kumpul Juwara (SKJ) atau kopdar, ini sifatnya offline kita sudah lakukan untuk tahun ini ada di 10 kota termasuk salah satunya di Solo," jelasnya lagi.

Baca Juga: Ini Menu Resepsi Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran

 Selain itu juga Belajar Bareng Mitra (BBM), dimana mitra yang sudah berpengalaman bisasharing pengetahuan kepada mitra lain dengan  bidangnya masing-masing. Program lainnya adalah Spesial Kumpul Juwara Kemerdekaan (SEMARAK).

 "Ada juga Nusantara atau Nuansa Santai Bareng Juwara Itu obrolan santai terkait hobi dan minat yang di luar bisnis. Jadi kurang lebih semacam ekstrakurikuler ada juga  Juwara Curhat Dong nah ini biasanya saat yang mitra menyampaikan keresahan-keresahan," paparnya.

 Sebagai penutup rangkaian SKJ di tahun 2022, Mitra Bukalapak akan menggelar Spesial Kumpul Juwara Akhir Tahun (SPEKTA) pada 17 Desember 2022 dengan target hingga lebih dari 4.000 peserta dari seluruh nusantara.

Baca Juga: Ninja Xpress Berikan Tips Cara Jitu Beriklan di TikTok Shop

Dengan berjalannya program-program Juwara tersebut,  beberapa mitra sudah bisa meningkatkan keuntungan baik harian maupun bulanan. Bahkan ada yang naiknya sampai tiga kali lipat dari biasanya.

"Misalkan warung mitra kita warung -warung konvensional biasanya hanya jualan  barang-barang kebutuhan sehari-hari, dengan adanya aplikasi ini kita Bukalapak kemudian bergabung di komunitas Juwara mulai belajar gimana caranya jualan pulsa tagihan listrik atau kemudian voucher game," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat