unescoworldheritagesites.com

XL Axiata Garap Pelosok dan Perbatasan Negara di Kalimantan - News

Petugas XL Axiata saat melakukan perbaikan jaringan di perbatasan


: XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus berupaya meningkatkan kualitas jaringan 4G hingga ke pelosok dan wilayah perbatasan. Bahkan setahun terakhir, mereka telah menambah 1.100 unit BTS 4G di seluruh wilayah Kalimantan, atau meningkat 42 persen dibanding tahun sebelumnya.

Menurut Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede, pihaknya berkomitmen melakukan pemerataan akses internet hingga ke pelosok area. "Dalam tiga tahun terakhir, XL Axiata berfokus memperluas jaringan di luar Jawa, termasuk melakukan ekspansi jaringan data secara masif di Pulau Kalimantan," ujarnya, Sabtu (11/2/2023).

Saat ini, kata dia, infrastruktur jaringan XL Axiata di seluruh Kalimantan diperkuat oleh kabel fiber optic yang membentang sepanjang 9.300 kilometer. Jalur fiber optic itu menjangkau lima provinsi di Kalimantan.

Baca Juga: Lirik Lagu Ego, Lagu Terbaru Lyodra yang Langsung Viral

Dia menjelaskan bahwa sejak pemerintah resmi menetapkan calon Ibukota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, XL Axiata secara bertahap terus menyiapkan pembangunan infrastruktur dan ekosistem jaringan.

Untuk memastikan kondisi jaringan telekomunikasi dan data XL Axiata, I Gede melakukan pemantauan langsung terhadap kualitas jaringan hingga sekitar Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong. Pihaknya juga menyaksikan tim teknis pemeliharaan BTS di salah satu menara.

XL Axiata juga membangun jaringan kabel fiber optik international Batam - Serawak yang menghubungkan Malaysia - Indonesia melalui Entikong - Pontianak. Jaringan sepanjang 120 km ini akan memperkuat koneksi internet antara Batam, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Baca Juga: Lirik Lagu Ga Romantis by Lyla 'Aku Ga Mau Jadi Mataharimu'

Jaringan kabel optik ini juga menjadi alternatif gateway international yang baru bagi Indonesia menuju Kuching, Serawak, dan Hongkong. Infrastruktur baru ini dinilai penting untuk mengatasi peningkatan trafik data di masa depan dan menyediakan jaringan berkualitas.

Saat ini, jaringan data berkualitas XL Axiata di Kalimantan telah menjangkau lebih dari 1.800 desa/kelurahan, 466 kecamatan di 55 kota/kabupaten yang tersebar di lima provinsi.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat