unescoworldheritagesites.com

Ditjen Hubud Apresiasi Dipulihkan Kembali Penerbangan di Bandara Kalimarau - News

pemulihan penerbangan

 

: Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara (Hubud)  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyambut baik diaktifkan kembali penerbangan langsung (direct) dari dan ke Bandara Kalimarau di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Maskapai Batik Air dengan rute penerbangan Bandara Soekarno - Hatta (CGK) - Bandara Kalimarau (BEJ) pergi- pulang dan Bandara Juanda (SUB) - Bandara Kalimarau (BEJ) pergi-pulang, Rabu (6/9/2023).

Penerbangan dari Bandara Soekarno - Hatta menuju Bandara Kalimarau diikuti Bupati Berau, Wakil DPRD Berau, Kepala Kejaksaan Negeri Berau dan Kepala Bandara Kalimarau.

Baca Juga: Tingkatkan Keamanan Penerbangan, Ditjen Hubud dan Australia Kolaborasi Gelar National Contigency Exercise

Penerbangan ini tentunya sebagai pertanda mulai bangkitnya industri penerbangan nasional dengan dibukanya akses langsung penerbangan dari dan ke Kabupaten Berau.

Selain itu penerbangan ini akan mempermudah konektivitas dan mobilitas para pengguna jasa transportasi udara dan diharapkan akan memberikan dampak kepada pariwisata dan perdagangan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Hubud M Kristi Endah Murni menyampaikan apresiasi kepada pemerintahan daerah Berau serta stakeholder penerbangan atas dukungan dan peran aktifnya untuk menghidupkan kembali rute penerbangan yang sempat terhenti sebelumnya oleh karena pandemi Covid-19.

"Ini bisa menjadi contoh kolaborasi yang baik dan semoga makin banyak Pemda yang berperan aktif mendukung operasional penerbangan di wilayahnya," ujar Kristi.

Baca Juga: PPNS Penerbangan Sipil Diminta Tingkatkan SDM untuk Penegakan Hukum Secara Profesional

Dengan hadirnya penerbangan direct flight ini, Kristi menuturkan konektivitas antarkota dan  menuju daerah wisata  di sekitarnya, otomatis menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga diharapkan dapat menstimulus rute penerbangan lainnya.

"Kami berharap, dukungan dan kerja sama Pemda dan stakeholder penerbangan dapat terus ditingkatkan. Karena Kemenhub tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dari Pemda, operator penerbangan dan pihak terkait lainnya," jelasnya.

Bupati Berau, Sri Juniarsih, juga menyambut kedatangan penerbangan langsung dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Berau. “Kami percaya bahwa kehadiran maskapai Batik Air secara direct dari Jakarta dan Surabaya akan memberikan akses transportasi yang lebih mudah, sehingga  akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Berau,” ucap Sri.

Baca Juga: Ditjen Hubud Upayakan Dekarbonasi Penerbangan

Kepala Bandar Udara Kalimarau, Ferdinand Nurdin menyampaikan, terima kasih atas dukungan Pemda dan stakehoder penerbangan sehingga rute penerbangan ini bisa aktif kembali.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat