unescoworldheritagesites.com

Diskusi FDN: Ilham Habibie dan Paslon TPN Capres-Cawapres Kompak Tegaskan Tanpa Industri Kuat, Momentum Indonesia Emas 2045 Lewat! - News

Diskusi Forum Dialog Nusantara (FDN) keynote speech Ilham Akbar Habibie dan pembicara Sekretaris Eksekutif TPN Ganjar-Mahfud, Heru Dewanto, TPN AMIN oleh Amin Subekti,  Stafsus Menteri Investasi dan Kepala BKPM, Arnanto Nurprabowo, Senior Ekonom Tirta Hidayat, Direktur Eksekutif FDN Justino Djogo, (AG Sofyan)

 

: Ketua Dewan Penasihat Forum Dialog Nusantara (FDN) yang juga Kepala BRITEK Kadin Indonesia. Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA, sangat meyakini bahwa negara dan bangsa Indonesia akan mampu mencapai kecemerlangan Indonesia Emas 2045 dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dan menerapkannya untuk memajukan kesejahteraan umum.

Penegasan tersebut disampaikan Ilham Habibie saat menjadi keynote speech dalam diskusi Forum Dialog Nusantara (FDN) ke-16 yang bertajuk: “Pentingnya Industrialisasi dalam Mempercepat Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045” di Perpustakaan Habibie & Ainun Jakarta, Senin (13/11/2023). 

Penegasan tersebut disampaikan Ilham Habibie saat menjadi keynote speech dalam diskusi Forum Dialog Nusantara (FDN) ke-16 yang bertajuk: “Pentingnya Industrialisasi dalam Mempercepat Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045” di Perpustakaan Habibie & Ainun Jakarta, Senin (13/11/2023).

Baca Juga: Ketua Dewan Penasihat FDN Ilham Habibie: Terus Pererat Silaturahmi Anak Bangsa, Jaga 4 Pilar Kebangsaan

Dalam seri Diskusi FDN tersebut menghadirkan Tim Pemenangan Nasional (TPN) 3 Capres dan Cawapres. Untuk TPN Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD diwakili oleh Sekretaris Eksekutif TPN Ir Heru Dewanto.

Sedangkan TPN Capres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) menjadi speaker adalah Dr Amin Subekti.

Dari TPN Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka dari keterangan Direktur Eksekutif FDN yang juga Caleg DPR RI Dapil Jateng V dari Partai Golkar Justino Djogo, MA., MBA, yang sedianya akan dihadiri Ketua TPN Paslon Nomor 2, Rosan Perkasa Roeslani, M.B.A., M.A. urung hadir karena masih bertugas sebagai Dubes menyambut kunjungan Presiden Joko Widodo di KTT APEC 2023 di San Fransisco, AS. Amerika Serikat. 

Baca Juga: Dari Forum Dialog Nusantara, Ilham Habibie: Smart Diplomacy Diperlukan di Penyelesaian Konflik Hamas Vs Israel

Sementara pembicara lain adalah Dr. Ir. Arnanto Nurprabowo M.P. adalah Pengurus Pusat PII dan Staf khusus Menteri Investasi dan Kepala BKPM, Dr. Tirta Hidayat, S.E., M.Sc. dikenal sebagai Senior Ekonom.

Dan sebagai moderator adalah Ir. Andi Bachtiar Sirang adalah Pemerhati Kebijakan Publik dan Sekretaris Balitbang DPP Partai Golkar dan dihadiri Anggota Dewan Penasihat FDN Santhi Serad

Ilham Habibie mengungkapkan sesuai rencana resmi Bappenas, untuk mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045, Indonesia harus bisa memanfaatkan momentum Bonus Demografi dengan menyiapkan manusia unggul yang bisa mengembangkan industri dengan teknologi tinggi.

Baca Juga: 34 Daftar Lagu Daerah Nusantara Lengkap Dengan Asal Daerahnya

“Kalau kita lihat negara-negara lain di Asia Timur dan Asia Tengah setelah masuk ke dalam kelompok negara maju, saya kok meyakini tidak ada satu pun dari mereka (negara berkembang-red) yang masuk ke situ (negara maju-red) tanpa memiliki industri yang kuat. Peran kuat industri dan manusia yang berkembang sebagai kunci keberhasilan negara-negara maju di Asia Timur," ungkap Ilham kepada .

Putra Presiden Republik Indonesia ke 3 BJ Habibie ini menyebut tidak saja Jepang, Korea, Taiwan, bahkan China pun dalam beberapa dekade dan dasawarsa yang lampau telah mampu mendorong, mengembangkan, dan memperkuat keunggulan industri masing-masing sehingga mampu berimplikasi mendatangkan kesejahteraan secara kontinyu di negara masing-masing.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat