unescoworldheritagesites.com

Peringatan, Petugas Tak Segan Turunkan Penumpang yang Kedapatan Merokok di Atas KA - News

Stasiun Solo Balapan Solo (Endang Kusumastuti)

: Peringatan keras bagi penumpang Kereta Api (KA) untuk tidak merokok di atas KA. Jika ada penumpang yang masih nekat, maka petugas tidak akam segan-segan menurunkan penumpang tersebut.

"Daop 6 Yogyakarta kembali mengingatkan kepada seluruh calon penumpang, khususnya penumpang musiman Lebaran, terkait larangan merokok di atas kereta api," jelas Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, Kamis (28/3/2023).

Daop 6 Yogyakarta mencatat pada tahun 2023 terdapat 37 penumpang yang diturunkan karena kedapatan merokok di atas kereta api. Hingga bulan Maret 2024, Daop 6 telah menurunkan 11 penumpang yang melanggar aturan merokok di atas kereta api.

Baca Juga: Krassyuk Bilang, Duel Oleksandr Usyk Vs Tyson Fury Takkan Pernah Terjadi

"Daop 6 Yogyakarta telah menyediakan smoking area di stasiun yang terletak di titik-titik yang agak jauh dari posisi penumpang umum. Sehingga bagi mereka yang merokok akan diberi ruang khusus, tetapi mayoritas ruangan stasiun bebas dari asap rokok," jelasnya lagi.

Mendekati masa angkutan Lebaran, Daop 6 Yogyakarta mengingatkan kembali kepada seluruh calon penumpang, khususnya penumpang musiman Lebaran, terkait larangan merokok di atas kereta api

"Penumpang yang kedapatan merokok di atas kereta api akan diperingatkan oleh petugas. Jika penumpang yang bersangkutan tidak mengindahkan atau merokok kembali maka akan diturunkan pada kesempatan pertama," katanya.

Baca Juga: Safari Ramadan, Pasar Murah Cara Pemprov NTB Penuhi Kebutuhan Masyarakat Jelang Lebaran

Sementara itu, untuk tiket KA saat arus balik di H+2 tanggal 13 April, H+3 tanggal 14 April dan H+4 tanggal 15 April, okupansi sudah terjual 100 persen. Sedangkan H+1 tanggal 12 April dan H+5 tanggal 16 April okupansi sudah menginjak 90 persen.

"Daop 6 memprediksi puncak arus balik libur Lebaran ada di H+3 tanggal 14 April sejumlah 18.252 penumpang," katanya lagi.

Sedang prediksi puncak arus mudik saat ini berada di antara H-4 tanggal 6 April dengan jumlah penumpang yang turun di wilayah Daop 6 Yogyakarta sejumlah 16.010 atau Lebaran hari kedua (H+2) dengan jumlah pemudik sebanyak 16.029 penumpang. 

Baca Juga: Panglima TNI Pimpin Sertijab Irjen TNI, Danjen Akademi TNI, Kabais TNI dan Aslog Panglima TNI

"Jika tiket yang diinginkan telah terjual habis, pelanggan memiliki opsi untuk memilih tanggal alternatif atau menggunakan fitur Connecting Train pada aplikasi Access by KAI. Fitur ini akan membantu memberikan pilihan perjalanan dengan menggabungkan jadwal kereta yang tersedia secara bersambung," pungkasnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat