unescoworldheritagesites.com

Lebaran, Lonjakan Trafik Telkomsel Area Jawa Bali Bakal Didominasi Jateng - News

VP Area Network Operations Jawa Bali Telkomsel, Juanita Erawati dan VP Consumer Business Area Jawa Bali Telkomsel Mirza Budiwan saat memaparkan lonjakan trafik

: Telkomsel area Jawa Bali memprediksi lonjakan traffik data/broadband di Jawa Tengah bakal mencapai 37,13 persen dibanding hari biasa. Angka itu paling tinggi dibanding Jatim dan daerah lain.

Menurut Vice President Area Network Operations Jawa Bali Telkomsel, Juanita Erawati, kenaikan trafik layanan data/broadband di areanya yang mencakup Jateng, DIY, Jatim, Bali, NTB, dan NTT akan tumbuh sebesar 26,3% dibandingkan hari biasa.

Baca Juga: Momen RAFI 2024 Ala Telkomsel, Dari Inisiasi Filantropi Hingga Penguatan Jaringan

"Di seluruh Area Jawa Bali hanya 26,3%, dan trafik data/broadband Telkomsel di Jawa Tengah diprediksi paling tinggi. Terutama di daerah tujuan mudik seperti Kebumen, Wonogiri, Cilacap dan lainnya," ujarnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik di area Jawa Bali, Telkomsel melakukan optimalisasi kualitas dan peningkatan kapasitas yang difokuskan pada 139 Point of Interest (POI) yang tersebar di berbagai lokasi strategis.

Dia menyebut, kenaikan trafik data itu didominasi oleh akses layanan media sosial (Facebook, Instagram, dan X) yang diprediksi tumbuh 26,7%, layanan online gaming (Mobile Legends, Free Fire, dan Roblox) tumbuh 29,8%, layanan komunikasi (WhatsApp dan Telegram) 30,8%, layanan streaming video (TikTok, YouTube, dan Snack Video) 40,3%.

Baca Juga: Perluas Peluang Akses, Telkomsel Hadirkan Kartu Perdana Telkomsel Lite

Sedangkan layanan akses e-commerce (Shopee, Lazada, Tokopedia) akan tumbuh 7,8% dibandingkan hari biasa.

"Prediksi kenaikan trafik ini juga perlu diantsipasi dengan peningkatan kapasitas BTS sebanyak 105 unit BTS 4G/LTE serta mengoperasikan tambahan 14 unit Compact Mobile BTS (COMBAT)," ujarnya.

Penambahan kapasitas tersebut difokuskan ke 139 POI yang terdiri dari 105 titik special area (mal, alun-alun, dan tempat wisata), 19 titik transportasi (bandara, stasiun, dan pelabuhan), 14 jalur mudik (SPBU dan Rest Area) serta 1 titik kawasan ibadah.

Baca Juga: Perkuat Ekosistem Toleransi, SETARA Institute Fasilitasi 13 Daerah untuk Akselerasi Adopsi RAD PE* Jakarta, 1 April 2024

Upaya ini dilakukan untuk menambah kenyamanan pelanggan terutama ketika periode mudik yang akan dimulai minggu ini.

Sementara, Vice President Consumer Business Area Jawa Bali Telkomsel Mirza Budiwan menyampaikan bahwa Telkomsel masih terus membuka lebih banyak peluang selama momen RAFI 2024.

"Kami menghadirkan 21 Posko Siaga yang terdiri dari 5 Posko Flagship yang berlokasi di Rest Area Travoy 379A Batang, Rest Area 429A Kab. Semarang, Royal Plaza Surabaya, MOG Malang, dan Pantai Kuta Badung," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat