unescoworldheritagesites.com

Ajang 5th Kampoeng Kreasi, Bank Jatim Salurkan KUR untuk Dukung UMKM - News

Penyerahan KUR Bank Jatim di ajang 5th Kampoeng Kreasi

: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), diantaranya melalui penyaluran program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kali ini, seremonial penyerahan KUR Bank Jatim dilakukan dalam kegiatan 5th Kampoeng Kreasi yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jatim, di Royal Plaza Surabaya, Kamis (2/5/2024).

Penyerahan KUR sebesar Rp 500 juta dilakukan secara simbolis oleh SEVP Korporasi, Sindikasi, dan Kelembagaan Bank Jatim, Koerniawan Prijambodo kepada nasabahnya yang berprofesi sebagai pedagang ecer barang-barang & tembakau.

Baca Juga: Wamenparekraf Tekankan Pentingnya Peran Perempuan di Sektor Parekraf Dunia

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jawa Timur, Joko Irianto dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, Budi Sarwoto.

Menurut Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Iman, penyaluran kredit tersebut merupakan salah satu upaya jajarannya untuk mendukung program Kampoeng Kreasi demi memperkuat pemberdayaan masyarakat desa menuju Optimis Jatim Bangkit.

Emiten berkode BJTM itu sendiri sudah memiliki komitmen untuk terus mendukung program pemerintah, khususnya dalam rangka memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, meningkatkan daya saing UMKM, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Baca Juga: Piala Uber 2024: Apriyani/Fadia Bawa Indonesia Unggul 2 – 0 atas Thailand

”Kami akan membiayai sektor-sektor yang bisa menjadi mesin pertumbuhan ekonomi lewat penyaluran kredit sehingga bisa mengakselerasi perekonomian nasional, khususnya wilayah Jawa Timur,” ujarnya.

Melalui penyaluran kredit tersebut, Bank Jatim berharap dapat meningkatkan kredit, yang sampai dengan Triwulan I 2024 telah tersalurkan sebanyak Rp56,9 triliun atau naik 18,76 persen (YoY).

Angka tersebut di atas pertumbuhan rata-rata nasional yang hanya sebesar 12,40 persen (YoY) dengan komposisi kredit konsumtif sebesar Rp31,3 triliun atau meningkat 7,40 persen (YoY) dan kredit produktif sebesar Rp25,6 triliun atau meningkat 36,34 persen (YoY).

Baca Juga: Telkom Reboisasi Belasan Ribu Hektar Lahan Kritis di 4 Provinsi

Peningkatan sektor kredit produktif ditopang oleh tingginya pertumbuhan terutama dari segmen mikro yang melesat 36,63 persen (YoY), segmen ritel & menengah yang tumbuh sebesar 58,40 persen (YoY), dan segmen korporasi naik 17,97 persen (YoY).

Sebagai upaya dalam memberikan kemudahan akses pembiayaan kepada masyarakat, kata Busrul, Bank Jatim telah memiliki platform digital yang bernama Jatim Kilat.

Sepanjang triwulan I 2024, Jatim Kilat telah memberikan persetujuan kredit Rp1,97 triliun dan yang masih dalam proses sebesar Rp375,19 miliar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat