unescoworldheritagesites.com

Jelang KTT WWF Bali, PLN UIT JBM Fokus Pantau SUTET - News

Petugas PLN UIT JBM saat melakukan penggantian peralatan menjelang KTT WWF

: PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) berkomitmen menjaga keandalan pasokan listrik di event internasional KTT WWF (Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum) pada 18 – 25 Mei di Bali.

Salah satu stragegi pengamanan pasokan listrik yang dilakukan PLN UIT JBM menjelang KTT WWF itu adalah memastikan sistem kelistrikan pada jaringan SUTT/SUTET (Saluran Udara Tegangan Tinggi/Ekstra Tinggi).

Menurut General Manager PLN UIT JBM, Amiruddin, pemeliharaan dilakukan untuk penguatan sistem kelistrikan penyaluran Paiton-Situbondo selama KTT WWF. “UPT (Unit Pelaksana Transmisi) Probolinggo berhasil mengganti PMT di GI (Gardu Induk) 150kV Situbondo Bay Paiton 1," ujarnya.

Baca Juga: Gubernur Maluku Harus Paham Konsep BerAKHLAK Pada Konteks ASN Bukan Kerjanya Mengumpat dan Nantang Berkelahi Saja

PMT ini dalam sistem berfungsi sebagai pemutus aliran listrik pada peralatan jika terdeteksi adanya gangguan, atau jika dalam kondisi terdapat peralatan yang akan dipeliharan secara offline.

"Penggantian peralatan dilakukan sesuai hasil uji yang terus dilakukan menunjukkan adanya penurunan performa peralatan," ujarnya.

Selama pekerjaan, pihaknya juga mengerahkan Srikandi untul melaksanakan penyelesaian penggantian peralatan.

Baca Juga: Tim Patroli Perintis Presisi Polres Metro Depok Berhasil Amankan 17 Remaja Yang Melakukan Balap Liar

Pekerjaan dilakukan tim UPT Probolinggo bersama ULTG (Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk) Jember. Di dalam tim, ada juga Srikandi yang bergabung menyelesaikan pekerjaan," ujarnya.

Mereka menggunakan peralatan lengkap mobile crane 5 ton, manlift, scafolding, tool set, commisioning set, dan gas handlung SF6 yang ada.

Srikandi ini juga turut mengikuti ritme pekerjaan dalam mengganti MTU (Material Transmisi Utama) sebagai langkah preventif mengoptimalkan keandalan sistem.

Baca Juga: Indonesia dan Makau Terus Perkuat Kerja Sama Bidang Ketenagakerjaan

Termasuk mengganti peralatan yang mengalami penurunan performa untuk menghindari peralatan tidak berfungsi optimal yang akan mengganggu pasokan.

Teamnya juga telah menyelesaikan pekerjaan di GI 150kV Jember, setelah sebelumnya diselesaikan juga pemeliharaan 2 Tahunan GI Jember. GI Jember ini juga merupakan satu sumber pasokan listrik ke Pulau Bali dari subsistem Paiton.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat