unescoworldheritagesites.com

Driver Day, BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo Dorong Perlindungan Bagi Pengemudi Bluebird Group - News

Booth BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo saat gelaran Driver Day di Pool Bluebird Darmokali

: BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo memanfaatkan momen Driver Day untuk mendorong perlindungan bagi seluruh pengemudi Bluebird Group.

Selain menggelar sosialisasi manfaat program, BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo juga membuka booth dalam Driver Day yang digelar di Pool Bluebird Darmokali, pada Kamis (9/5/2014) lalu.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo, Imron Fatoni, memberikan apresiasi atas kesadaran tentang pentingnya perlindungan pada para pengemudi yang hadir dalam Driver Day yang dihelat Serikat Pekerja Perusahaan Blue Bird Group tersebut.

Baca Juga: Kemnaker Ajak Tiga Lembaga Internasional Kembangkan SDM Ketenagakerjaan

"Kami mengapresiasasi atas kesadaran para seluruh driver Bluebird Group tentang risiko kerja yang dapat terjadi sewaktu-waktu," ujarnya.

Di event ini, sebanyak 120 orang driver langsung mendaftarkan diri untuk mendapat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan dengan 3 program. "Setelah ini, seluruh risiko kerja yang terjadi kedepannya ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Para Driver ini dipersilakan untuk mendaftarkan dirinya sebagai peserta dari sektor Bukan Penerima Upah (BPU). Mereka ikut dalam 3 program BPJS Ketenagakerjaan berupa program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Baca Juga: WWF ke 10, Pemerintah akan Perkenalkan Program Perbaikan Kualitas Air Sungai Citarum

Manfaat program JKK, kata Imron, berupa uang tunai dan/atau pelayanan kesehatan yang diberikan pada saat peserta mengalami Kecelakaan Kerja atau penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Sedangkan program Jaminan Kematian manfaatnya berupa uang tunai yang diberikan kepada ahli waris, ketika peserta meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja.

Serta Program JHT yang merupakan program perlindungan yang diselenggarakan untuk menjamin agar peserta menerima uang tunai apabila memasuki masa pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

Baca Juga: KemenPUPR Renovasi Museum Kavaleri Bandung Demi Merawat Sejarah TNI AD

Menurut Imron, ada sekitar 800 orang driver dari bluebird pool Darmokali Surabaya yang berpotensi menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami berharap, seluruh driver dapat tercover BPJS Ketenagakerjaan. Apalagi profesi pengemudi ini memiliki risiko kecelakaan kerja dan risiko kematian yang cukup tinggi," ujarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat