unescoworldheritagesites.com

Layanan Mecca Route Diterapkan guna Lancarkan Penerbangan Jamaah Haji - News

Kemenhub berupaya keras lancarkan penerbangan jamaah haji 2024.

: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan angkutan haji 2024 serta menyapa calon jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekah di Bandara Juanda, Surabaya, Sabtu (18/5/2024).

Budi Karya memastikan seluruh infrastruktur bandara Juanda siap mendukung layanan haji. "Kami secara terus-menerus berupaya meningkatkan layanan penerbangan, termasuk angkutan haji. Untuk itu kami selalu memastikan bahwa keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan prioritas utama," tuturnya.

Embarkasi Surabaya akan memberangkatkan 106 kloter jamaah haji pada tahun 2024 dengan total 39.226 jemaah. Adapun setiap kloter terdiri dari 371 orang dengan komposisi 366 Jemaah haji dan 5 petugas kloter.

Baca Juga: Hadirkan Posko Layanan Haji hingga Perkuat Kemitraan, Cara Telkomsel Sambut Musim Haji 2024

Sabtu (18/5/2024), terdapat empat kloter keberangkatan haji dengan total 1.484 penumpang. Keberangkatan jemaah haji kloter Surabaya akan menggunakan armada pesawat udara type A330 dari maskapai Saudi Airlines. Sementara PT Jasa Angkasa Semesta akan mengakomodir penunjang pelayanan darat pesawat udara (ground handling operator).

Selain itu, Embarkasi Surabaya menyediakan layanan Mecca Route, yaitu imigrasi dari Pemerintah Arab Saudi yang berada di Indonesia. Layanan ini berguna mempercepat proses administrasi keimigrasian, sehingga para jemaah haji yang tiba di Arab Saudi dapat langsung menuju ke hotel untuk beristirahat.

"Ini adalah Mecca Route yakni imigrasi yang tadinya di Arab dipindah ke sini. Mulai tahun ini Mecca Route tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di Solo dan di Surabaya. Oleh karenanya saya berterima kasih kepada Arab Saudi yang sudah memberikan fasilitas Mecca Route," kata Budi Karya.

Baca Juga: Wamenag Lepas Kloter Pertama Jemaah Calon Haji Embarkasi Solo

Menhub juga menyampaikan apresiasinya atas kerjasama berbagai pihak dalam mendukung kelancaran angkutan haji 2024.

Tidak hanya di Surabaya, di Embarkasi Solo juga disediakan layanan Mecca Route untuk memperlancar penerbangan haji. Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara (Hubud) Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III Surabaya memastikan keberangkatan angkutan udara haji melalui Bandara Adi Sumarmo Solo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah telah memenuhi seluruh aspek keamanan dan keselamatan penerbangan melalui monitoring dan ramp check di lapangan.

Melalui serangkaian monitoring dan ramp check yang telah dilakukan sebelum pelaksanaan angkutan haji, para inspektur dari Ditjen Hubud memastikan bahwa semua protokol kesalamatan dan keamanan telah dipatuhi dengan ketat oleh semua pihak terkait, termasuk maskapai penerbangan dan penyelenggara bandar udara.

Baca Juga: Percaya Dengan Kekuatan Doa, Penjual Bakso Bakar di Boyolali Alhirnya Bisa Naik Haji Tahun Ini

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara (OBU) Wilayah III Surabaya, Rizal (16/5/2024), mengatakan sebelum angkutan haji mulai, pihaknya telah mengirimkan inspektur angkutan udara, kelaikudaraan dan pengoperasian pesawat udara untuk memastikan aspek keselamatan dan keamanan telah terpenuhi serta memantau kelancaran jadwal penerbangan, pelayanan dan kesiapan operasional pesawat selama periode angkutan haji.

Berdasarkan data yang diterima, Rizal mengatakan bahwa untuk angkutan udara Haji Embarkasi Bandara Adi Soemarmo dijadwalkan akan memberangkatkan 100 kloter jemaah. Sebanyak 32.059 jemaah dari Jawa Tengah dan 3.329 jemaah dari Daerah Istimewa Yogyakarta serta didampingi 500 petugas haji.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat