unescoworldheritagesites.com

Pelaku Usahanya Makin Sadar, KPPU Apresiasi Pendekatan Pemprov Bali - News

Kepala Kantor Wilayah IV KPPU, Dendy Rakhmad Sutrisno (tengah)

: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil IV mengapresiasi pendekatan Pemprov Bali yang berhasil membuat pelaku usaha semakin sadar pentingnya penyampaian perjanjian kerja sama kemitraan.

Menurut Kepala Kantor Wilayah IV KPPU, Dendy Rakhmad Sutrisno, pihaknya mengapresiasi kerja sama kemitraan serta daftar pelaku usaha mikro kecil yang menjadi mitranya kepada Pemerintah Provinsi.

Ungkapan itu disampaikan Dendy atas nama KPPU, dalam Sosialisasi pembinaan/pendampingan usaha peternakan dan kemitraan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali (29/5/2024).

Baca Juga: Panen Mutiara Laut Lombok, Ibu Negara dan OASE Kabinet Indonedia Maju Ajang Promosi Unggulan Daerah

Sejak tahun 2023 Pemprov Bali melalui Satgas Pengawasan Implementasi Kemitraan Peternakan secara aktif melakukan pengawasan pelaku kemitraan di 9 Kab/Kota.

Pengawasan itu khususnya terkait perjanjian kerja sama antara inti dan plasma, kesesuaian antara perjanjian dan kenyataan di lokasi mengacu Permentan No. 13 Tahun 2017.

"Meski diawal pelaksanaan pengawasan masih terdapat keraguan pelaku usaha dalam menyampaikan perjanjian kerja sama, namun lambat laun kesadaran pelaku usaha mulai muncul," ujarnya.

Baca Juga: Liburan Bersama Jokowi, Gibran Akui Tak Bicarakan Rakernas PDIP

Selanjutnya perjanjian kemitraan tersebut akan direview data-data dimaksud akan dinilai baik dari segi substansi perjanjian kemitraan dan pelaksanaan perjanjian yang dilaksanakan para pelaku usaha peternakan di Bali.

Pihaknya akan memantau apakah telah selaras dengan prinsip kemitraan yang sehat sebagaimana tertuang dalam UU No. 20 Tahun 2008.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, I Wayan Sunada menyampaikan terima kasih atas peran KPPU khususnya Kanwil IV terhadap sosialisasi dan pengawasan terhadap perjanjian dan praktek kemitraan di sektor usaha peternakan di Bali.

Baca Juga: Mochtar Mohamad Tegaskan Keseriusan Maju Pilkada Kota Bekasi 2024: Saya Bertarung untuk Kepentingan Rakyat

"Dinas akan tingkatkan koordinasi serta sinergi dengan KPPU dalam pembinaan dan penyuluhan terhadap praktek kemitraan pada sektor usaha peternakan yang ada di Bali," ujarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat