unescoworldheritagesites.com

BPSDMP Dorong Lulusan Wujudkan Pelayaran Aman, Menyenangkan Selamat dan Ramah Lingkungan - News

BPSDMP dorong lulusannya terus tingkatkan profesinalitas

:  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) menggelar upacara Bon Voyage bagi 416 Perwira Transportasi Laut Politeknik Pelayaran Surabaya dipimpin pangsung oleh Kepala BPSDMP, Djoko Sasono di Kampus Politeknik Pelayaran Surabaya, Selasa (15/8/2023).

Kepala BPSDMP menyampaikan bahwa saat ini pelayaran telah melayani lebih dari 80 persen perdagangan dunia dan membawa jutaan penumpang ke berbagai tujuan di seluruh dunia. Transportasi laut terus berbenah diri untuk menjadi moda transportasi yang aman, nyaman, dan hemat energi.

"Pengiriman dengan pelayaran merupakan bagian penting dari mata rantai pasok global, dan IMO sebagai pengatur global pelayaran, mendorong para pelaku pelayaran untuk memastikan bahwa sektor maritim mampu mengirimkan kargo dengan selamat, aman, serta dengan cara yang ramah lingkungan", ungkapnya.

Baca Juga: Kepala BPSDMP Ajak Lulusan PIP Jadi Agen Perubahan Lestarikan Laut

Sebagaimana tertuang pada 50th Anniversary of Landmark Environment Treaty, sebuah perayaan yang ke-50 tahun International of Convention for the Prevention of Pollution from Ships atau MARPOL tentang perjanjian pelestarian lingkungan, bahwa para pelaut diminta untuk berperan aktif dalam mengatasi perubahan iklim dan mengakomodasi teknologi baru dalam upaya melindungi planet dan lautan.

"Sepakat dengan MARPOL, IMO juga mengamanatkan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelayaran untuk menyadari perlunya melindungi bumi, khususnya lingkungan laut dari segala sumber pencemaran", harapnya.

Kehadiran revolusi industri 4.0 saat ini membawa tantangan sekaligus peluang besar bagi dunia maritim dimana 23 juta lapangan pekerjaan akan hilang dari Indonesia dalam 10 tahun ke depan, akan tergantikan oleh robot, otomasi, dan sistem yang cerdas.

"Dalam menghadapi tantangan besar fenomena disrupsi ini, para pelaut harus menyiapkan diri dan meningkatkan kompetensi untuk dapat menghadapi dunia autonomous, dimana kapal tanpa awak dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi canggih", jelasnya.

Baca Juga: Kepala BPSDMP: Kampus Harus Zero Violence

Kepala BPSDMP berpesan kepada para Perwira Transportasi Laut yang telah dilantik agar tidak pernah berhenti belajar dan terus meningkatkan kompetensi yang telah dimiliki menuju jenjang yang lebih tinggi.

"Indonesia sebagai negara maritim, sangat penting untuk membangun kekuatan SDM maritimnya. Di tangan saudara sekalian akan ditentukan baik-buruknya transportasi laut kita. Untuk itu saya minta agar saudara sekalian selalu menjaga bahkan meningkatkan profesionalisme, integritas, disiplin tinggi, serta bekerja keras dengan cara-cara cerdas untuk dapat memenangkan persaingan yang akan semakin ketat ini", tuturnya.

Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Surabaya, Heru Widada, melaporkan upacara Bon Voyage ini meluluskan sebanyak 416 Perwira Transportasi Laut yang terdiri dari, 78 wisudawan Ahli Nautika Tingkat I, 47 wisudawan Ahli Teknika Tingkat I, 74 wisudawan Ahli Nautika Tingkat II, 69 wisudawan Ahli Teknika Tingkat II, 59 wisudawan Ahli Nautika Tingkat II, 18 wisudawan Ahli Teknika Tingkat III, 13 wisudawan Ahli Nautika Tingkat IV, 17 wisudawan Ahli teknika Tingkat IV, 17 wisudawan Ahli Nautika Tingkat V, 18 wisudawan Ahli Teknika Tingkat V, dan 6 wisudawan ETO Penyetaraan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat