unescoworldheritagesites.com

KA Manahan Relasi Solo Jakarta Diluncurkan di Stasiun Solo Balapan - News

Peluncuran KA Manahan di Stasiun Solo Balapan (Endang Kusumastuti)

 

: Kereta Api (KA) Manahan resmi beroperasi mulai Kamis (1/6/2023). Peluncuran KA baru tersebut dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Stasiun Solo Balapan, Kota Solo. KA Manahan melayani relasi Stasiun Solo Balapan - Stasiun Gambir Jakarta.

Kereta ini  untuk sementara, pada bulan Juni ini hanya akan beroperasi pada akhir pekan yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu. KA Manahan nomor 79F berangkat Stasiun Solo Balapan pukul 09.45 WIB dan sampai Stasiun Gambir pukul 18.03 WIB.

Untuk KA Manahan nomor 81F relasi Solo Balapan-Gambir, berangkat dari stasiun Solo Balapan pukul 22.35 WIB dan sampai Stasiun Gambir pukul 0636 WIB.

Baca Juga: Indonesia Melarang Tegas Selandia Baru Ikut Campur Pembebasan Pilot Susi Air yang Disandera KKB di Papua

"Karena demand relasi Solo Jakarta tinggi, dan dioperasikannya kereta ini kalau secara internal sudah melakukan speed up peningkatan kecepatan. Tujuannya untuk mempersingkat waktu tempuh," jelas Direktur Pengelolaan Prasarana KAI ,Heru Kuswanto, saat peluncuran KA Manahan.

Menurut Heru, berdasarkan kajian dari bidang komersial, rata-rata okupansi KA relasi Solo Jakarta pada akhir pekan selalu penuh. Bahkan tidak tertampung KA yang ada sebelumnya seperti Argo Lawu dan Argo Dwipangga.

"Bahkan oleh KA yang lewat seperti KA Bima dan Gajayana tidak bisa menampung untuk pasar Solo Yogyakarta. Nah makanya kita tambah," jelasnya lagi.

Baca Juga: Hutama Karya Mulai Garap Rest Area Permanen di Tol Pekanbaru-Dumai Riau

Untuk harga tiket, menurut Heru berlaku fluktuatif tetapi untuk saat ini masih ada diskon khusus dan masih berlaku Rp200.000.

Dalam 1 rangkaian KA Manahan ada delapan gerbong dan setiap gerbong kapasitas tempat duduk 50.

"Dengan dioperasikannya KA baru tersebut tentunya akan menambah pilihan perjalanan menggunakan KA sehingga masyarakat dapat menyesuaikan dengan waktu yang diinginkan," katanya.

Baca Juga: Ketua DPD Golkar Solo Sekar Tanjung Temui Ketua DPC PDIP Solo

Peluncuran KA Manahan tersebut dilakukan bersamaan dengan hari pertama pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka). Peresmian KA Manahan juga dihadiri Wali Wali Kota Solo Teguh Prakosa serta jajaran Daop VI Yogyakarta. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat