unescoworldheritagesites.com

Bank Jatim Resmi Jadi Bank Pertama Pelaksanaan IKD for Banking di Indonesia - News

Dirut Bank Jatim Busrul Iman (tengah) bersama Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Teguh Setyabudi, dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi usai penandatanganan adendum.

: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim resmi menjadi bank pertama di Indonesia yang mampu mengimplementasikan Identitas Kependudukan Digital (IKD) untuk Perbankan (#IKD4Banking).

Kerjasama layanan integrasi IKD dengan Bank Jatim ini ditandai dengan penandatangan adendum kerja sama oleh Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman, dengan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Teguh Setyabudi.

Penandatangan kerjasama di Balai Kota Surabaya, Selasa (27/6/2023) ini juga disaksikan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Baca Juga: Djarot: Ganjar untuk Program Jokowi akan Penuh Percepatan, Percepatan dan Percepatan

"Kami mengucapkan terima kasih karena Bank Jatim diberi kepercayaan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri untuk menjadi pilot project dengan Pemkot Surabaya," ujar Dirut Bank Jatim, Busrul Iman.

Pihaknya berharap, kerja sama ini bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia, khususnya Kota Surabaya, dalam melakukan transaksi pelayanan publik ataupun privat dengan hanya melalui telepon genggam.

Busrul juga berharap, IKD ini bisa mencegah penyalahgunaan data kependudukan dan menghemat biaya dalam pembuatan identitas. IKD disebut bisa memberikan keakuratan data masyarakat.

Baca Juga: Tangkal PMI Ilegal Polda NTB bersama Steakholder Tandatangani Kesepahaman Bersama

Sehingga ketika diperlukan data untuk kegiatan sosial maka akan lebih tepat sasaran. Dan juga bisa mempercepat transaksi layanan perbankan yang telah terintegrasi dengan IKD.

Sehingga, kebenaran data dalam Costumer Information File (CIF) lebih akurat dan terjamin sesuai dengan data kependudukan dan catatan sipil.

"Perlu diketahui, IKD ini bisa digunakan untuk membuka rekening di Bank Jatim dan kami berhasil jadi yang pertama di Indonesia dalam hal pengimplementasian ini," ujar Busrul.

Baca Juga: Bersama PKB Camellia Panduwinata Optimis Menjadi Wakil Rakyat Dari Jabar 3

Pihaknya menjamin, penggunaan IKD bakal menjadikan masyarakat lebih mudah, cepat dan aman, dalam melakukan transaksi di Bank Jatim.

Busrul berharap, kerja sama ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Tetapi ke depannya diharapkan ada inovasi lagi untuk mendobrak perubahan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat