unescoworldheritagesites.com

Melihat Potensi ETF Crypto Saat Bear Market - News

Foto: Istimewa

:  Pasar crypto akhir-akhir ini memasuki tren turun, hal ini tercermin dari penurunan kapitalisasi pasar yang telah turun dari $2,310,4 miliar pada awal tahun menjadi sekitar $179,25 miliar pada akhir Februari.

Kurang lebih ada penyusutan 22%, dan di sisi lain, juga tercermin dalam penurunan volatilitas. Amplitudo harian rata-rata BTC, yang memiliki kapitalisasi pasar tertinggi, adalah sekitar 4,6%, lebih rendah dari level harian rata-rata 6,72% tahun.

Untuk mensiasati penurunan harga crypto ini, ETF dengan leverage disinyalir bisa menjadi cara untuk tetap mendapatkan keuntungan.

ETF di Market Crypto
Setelah paruh kedua tahun 2019, ETF memasuki pasar kripto dan kini telah berkembang menjadi tiga jenis utama, yaitu dana indeks yang diluncurkan oleh institusi besar, dana indeks leverage yang diluncurkan oleh bursa, dan token leverage, yang diperdagangkan mirip dengan ETF tradisional.

Saat ini, ada sebanyak 639 jenis ETF yang tersedia untuk diperdagangkan di pasar.

Sebagai perbandingan, ETF institusional melibatkan lebih sedikit kelas aset dan memiliki lebih sedikit produk yang dapat diperdagangkan.

Grayscale, yang memiliki jumlah produk terbesar, telah menerbitkan 16 ETF yang melibatkan 24 aset, termasuk BTC, ETF, AAVE, ADA, LINK, COMP, SOL, dan lain-lain.

Sementara 3iQ telah menerbitkan 6 yang melibatkan 3 aset, termasuk BTC, ETF, dan LTC. Purpose telah mengeluarkan 4 produk yang melibatkan 2 aset, termasuk BTC dan ETH.

MEXC salah satu bursa kripto terkemuka pun turut mengeluarkan ETF, bursa ini memiliki 386 ETF yang melibatkan 172 aset, di antaranya Ether, Boca, Solana, Avalanche Protocol, Fantom, NFT, Meta-Universe, GameFi, DeFi, Layer2, DAO, dan lainnya.

Sedangkan FTX mengeluarkan 187 ETF yang melibatkan 47 aset, dan Binance mengeluarkan 40 ETF yang melibatkan 20 aset.

Produk ETF dari Institusi dan ExchangeProduk ETF dari Institusi dan Exchange. Saat ini, ukuran pasar ETF arus utama telah berkembang menjadi volume yang signifikan.

Menurut data resmi lembaga-lembaga besar, pada 25 Februari, skala yang dikelola oleh tiga lembaga besar mencapai sekitar $36,973 miliar. Grayscale menyumbang lebih dari 90%, sedangkan skala Purpose dan 3iQ belum melebihi $2 miliar.

Menurut data CoinGecko, total volume perdagangan harian ETF yang dikeluarkan oleh FTX, MEXC dan Binance juga mencapai hampir $360 juta, dengan MEXC memiliki volume perdagangan tertinggi sekitar $194 juta, terhitung 54%.

Pangsa pasar ETFPangsa pasar ETF
Meskipun ukuran pasar tersebut yang diterbitkan di bursa saat ini masih jauh lebih kecil dibandingkan dengan institusi besar, tren menunjukkan bahwa ETF yang diperdagangkan di bursa tumbuh sangat cepat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat