unescoworldheritagesites.com

Pasar Muntilan Bisa Menjual Minyak Goreng Curah Dengan Harga Murah - News

Pantauan harga migor curah di Muntilan. (Istimewa)

 

: Jika tidak ada kecurangan, dan semua bisa berbisnis secara wajar, maka sejatinya kelangkaan dan mahalnya harga minyak goreng curah tidak perlu terjadi.

Hal itu setidaknya bisa dilihat di pasar tradisional Muntilan, Kabupaten Magelang. Disini para pedagang bisa menjual minyak goreng dengan harga yang tidak mencekik. Bahkan  harga migor curah di Muntilan jauh dibawah Kota Semarang.

Fakta itu terungkap, saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Muntilan, Kabupaten Magelang, Rabu (6/4/2022).

Sebelumnya, Ganjar menggelar sidak serupa di Pasar Bulu, Kota Semarang. Di sana, ia menemukan harga minyak goreng curah berkisar Rp20 hingga Rp22 ribu per liter. Sedang di Pasar Muntilan, para pedagang bisa menjual dengan harga jauh lebih murah.

Baca Juga: Ganjar Singgung Minyak Goreng Dan Reformasi Birokrasi, Saat Tarawih Di Masjid UGM

Saat ngobrol dengan sejumlah pedagang, Ganjar menemukan harga minyak goreng curah di Pasar Muntilan dipatok hanya Rp15.500 per liter. Para pedagang mengaku membeli dari agen besar yakni Toko 15 dengan harga Rp12 sampai Rp13 ribu per liter.

Salah satu pedagang, Titin, mengatakan dirinya kulakan minyak goreng curah dari Toko 15. Ia juga bisa membuktikan ke Gubernur kalau harganya murah, dengan menunjukkan nota pembelian minyak dari toko tersebut.

"Memang harganya segitu, kita jual perliter Rp15.500. Tapi memang stoknya tidak banyak," jelasnya.

Semula Ganjar tak percaya kalau harga minyak goreng curah di Magelang lebih murah dibanding Semarang. Namun ketika Titin menunjukkan nota pembelian minyaknya dari agen, Ganjar baru manggut-manggut.

Baca Juga: Wadas, Proyek Pemerintah Pusat Tapi Ganjar Siap Bertanggung Jawab

"Lha ini ada harga murah, cuma Rp15.500. Ayo pada mborong di sini bu," kata Ganjar kepada ibu-ibu di pasar Muntilan.

Usai sidak, Ganjar mengatakan ada praktik bagus di Pasar Muntilan, Magelang. Dari beberapa pedagang yang ia tanya, semuanya bisa mendapat harga minyak goreng curah sesuai aturan.

"Bagus ya, mereka ada tempat kulakan yang bagus sehingga harganya murah. Mereka ini bisa jualan Rp15.500. Jadi kalau nemu yang begini, ini contoh yang lumayan baik," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat