unescoworldheritagesites.com

Jelang Idul Fitri, Kementerian Pertanian Sidak Bahan Pokok Di Lampung Timur - News

Kementan sidah bahan pokok di Lampung Timur (Ist)

: Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), turun langsung ke pedagang Pasar Pekalongan, Lampung Timur, pada Sabtu lalu (23/4/2022) . kementan hadir untuk memastikan bahan pangan tetap tersedia hingga Idul Fitri.

Hal ini dilakukan sesuai instruksi Mentri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang meminta memastikan Bahan Pangan Pokok Aman sampai Idul Fitri 1443H.

“Kita harus pastikan masyarakat mendapatkan kebutuhannya. Artinya, tidak hanya stok yang kita pantaun, tetapi juga distribusinya,” tuturnya.

Baca Juga: Kartini Milenial, Letda Ida Ayu Damayanti, Teknisi Pesawat F-16 Wanita Pertama

Baca Juga: Kasus Mirip Indra Kenz, Platform DNA Pro, Sederet Artis Bakal Diperiksa Polda

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menjelaskan hal serupa.

“Dalam kondisi apa pun pangan tidak boleh bermasalah, pangan tidak boleh bersoal. Petani harus terus turun ke lapangan memastikan produksi terpenuhi. Untuk itu, kita akan terus pastikan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi,” ujarnya.

Di Lampung Timur, monitoring ini dilakukan oleh Septiana, selaku Widyaiswara BPP Lampung, bersama Sekertaris Dinas Ketahanan Pangan Hortikultura & Perkebunan Kabupetan Lamtim Irza Murni, dan juga Kasie Distribusi Penganekaragaman & Harga Pangan dinas KPTPH &BUN Lamtim, Maria Susanti.

Berdasarkan hasil Monitoring, Septiana menyampaikan bahwa stok bahan pokok di pasar Pekalongan Kabupaten Lampung Timur terpantau masih stabil dan aman

Munzir, selau korlap pasar pekalongan menyatakan bahwa kondisi 12 bahan pangan pokok aman , tidak ada pasokan yang kurang sampai idul fitri .

"Saya pastikan untuk bahan pangan stoknya aman mb, ya kalau kenaikan wajarlah ya karena menjelang idul fitri, semoga setelah idul fitri harga stabil kembali," jelasnya.

Santi, salah satu Pedagang bahan pokok di pasar Pekalongan menyebutkan Harga 12 bahan pangan pokok yang stabil

"Iya mba harga Untuk harga cabe merah masih Rp. 28.000/kg, cabe rawit juga Rp. 30.000/kg baput bamer masih stabil di harga Rp. 35.000/kg, serta daging ayam Rp 37.000/kg" tuturnya .

Disinggung tentang bahan pokok yang mengalami kenaikan, pedagang menyampaikan baru harga telur dan daging sapi yang naik selebihnya masih stabil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat