unescoworldheritagesites.com

Menko Airlangga Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 5,01 Tetap Terjaga Sepanjang 2022 - News

Menko Airlangga Hartarto saat mendampingi Presiden Jokowi. (Kemenko Ekonomi)

: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini bahwa momentum pemulihan ekonomi yang saat ini masih dilakukan pemerintah bersama berbagai stake holder akan bisa dipertahankan hingga ke depan.

Menko Airlangga pun optimis momentum pertumbuhan ekonomi nasional 5,01 persen pada triwulan II akan bisa terjaga sepanjang 2022.

“Momentum pemulihan ekonomi ini perlu kita jaga dan tingkatkan bersama sehingga pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun 2022 tetap dapat tumbuh tinggi," ungkap Menko Airlangga dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Menko Airlangga menuturkan, prospek pertumbuhan ekonomi diprediksi semakin solid setelah kebijakan mudik Lebaran 2022 dibolehkan dengan melihat pencapaian inflasi.

Baca Juga: Pesan Wapres Kepada Para Gubernur: Tingkatkan SDM Daerah, Cegah KKN, Kikis Praktik Jual Beli Jabatan

Selain itu, berbagai leading indicator juga menunjukkan prospek cerah pemulihan ekonomi nasional. Hal ini tercermin dari peningkatan Indeks Penjualan Riil dan PMI Sektor Manufaktur.

Yang menggembirakan, indikator eksternal Indonesia juga menunjukkan kondisi yang relatif baik dan terkendali. Ini tercermin dari surplus transaksi berjalan dan nilai tukar rupiah serta Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menguat.

Airlangga menegaskan bahwa reformasi struktural akan terus dilanjutkan sebagai strategi jangka menengah panjang agar Indonesia dapat keluar dari jebakan middle income trap.

Menurut Airlangga, dalam jangka pendek, di tengah kenaikan inflasi global, pemerintah terus berupaya menjaga daya beli masyarakat melalui berbagai program perlindungan sosial.

Baca Juga: Mitigasi Gangguan SKKL Merauke-Timika, Kominfo-Telkom Siapkan Jaringan Alternatif

Di antaranya bantuan sosial reguler terhadap masyarakat miskin, serta beberapa kebijakan bantuan yang bersifat afirmatif seperti bansos minyak goreng, bantuan tunai untuk PKL Warung dan Nelayan (BT-PKLWN).

Menko Ekon Airlangga Hartarto berkoordinasi dengan Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Menko Ekon Airlangga Hartarto berkoordinasi dengan Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Kemenko Ekonomi.)

Sedangkan dalam jangka menengah, guna memitigasi berbagai risiko ketidakpastian global, pemerintah mempercepat reformasi struktural. Antara lain, melalui implementasi Undabg-Undang (UU) Cipta Kerja, kemudahan perizinan melalui OSS-RBA, mitigasi perubahan iklim melalui percepatan green economy, serta meningkatkan kapasitas investasi nasional melalui Indonesia Investment Authority (INA).

Kepercayaan Masyarakat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat