unescoworldheritagesites.com

Pemulihan Sektor UMKM Pancapandemi Covid-19 Harus Dimitigasi dari Hulu Hingga Hilir - News

Wakil Ketua Komidi VI DPR RI Aria Bima saat sosialisasi program KUR kepada pelaku UMKM di Solo Raya (Endang Kusumastuti)

: Recovery atau pemulihan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pascapandemi Covid-19 harus dimitigasi dari hulu hingga hilir. Selain persoalan sisi keuangan atau pernodalan, model bisnis juga harus mengikuti perubahan struktur pasar.

"Pasar ini berubah, untuk mendapatkan itu sudah berbeda atau dengan cara yang lebih lebih mudah dijangkau yaitu dengan era digital," jelas Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima di sela-sela Sosialisasi BUMN dengan tema "Program KUR dan Lembaga Keuangan untuk Kredit Usaha Rakyat", untuk pelaku UMKM di Hotel Tosan Solo Baru, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/9/2022).

Sedangkan di sisi permodalan, pihaknya menekankan selain adanya restrukturisasi keuangan, juga kebijakan pemerintah pusat melalui holding ultra mikro yakni  BRI Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM). 

Baca Juga: RSUD Dr Moewardi Solo Berhasil Melakukan Operasi Pseudotumor Pasien Hemofilia

"Sehingga diharapkan tidak ada lagi keluhan persoalan akses permodalan bagi pelaku UMKM. Bagi yang mau di penyertaan modal madani silakan,  yang mau di pegadaian silahkan," jelasnya lagi.

Pelaku UMKM bisa mengakses bantuan permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Bagi pelaku UMKM juga harus bisa naik kelas menjadi bisnis yang modern yang standarnya tidak KUR lagi.

Lebih lanjut politisi PDIP itu mengatakan upaya terapi bagi UMKM untuk recovery agak berbeda, karena NPL sektor UMKM  paling kecil dibandingkan usaha lainnya.  Sehingga melalui holding Ultra mikro,  pemerintah sudah sepakat akan mengatasi berbagai kendala utama tersebut.

Baca Juga: Lirik Lagu Berkibarlah Bendera Negeriku - Gombloh

"Kemarin juga saya tanamkan buat pelaku UMKM, pemerintah selain  bicara soal sisi keuangannya, kita juga membuat anggaran yaitu inkubator atau inkubasi atau rumah kreatif. Yang difaslitasi dari Kementerian Koperasi dan UKM," katanya.

Melalui rumah kreatif tersebut, akan menjadi tempat bertanya, tempat sharing atau berbagi serta tempat belajar diantara pelaku UMKM. Selain itu, pemerintah juga membuat kebijakan yang memudahkan sektor UMKM untuk membuat perizinan. 

"Hal-hal itu yang saya sosialisasikan kepada pelaku UMKM selama kurang lebih dua minggu ini," katanya lagi.

Baca Juga: Pria  dan Ular Raksasa  Berdarah Darah Dalam Pertarungan Hidup Mati  di Florida

Dalam sosialisasi yang dihadiri 100 pelaku UMKM se Solo Raya  itu juga menghadirkan sejumlah narasumber dari BRI dan Pegadaian Kota Solo. Mereka memaparkan mekanisme KUR untuk sektor UMKM.

"Saat ini kita terus melakukan sosialisasi untuk penetrasi lagi ke sektor UMKM yang belum dapat pembiayaan. Kita informasikan juga untuk KUR ada tambahan subsidi bunga 3 persen dari pemerintah," jelas Pimpinan Kantor Cabang Pembantu (KCP) Nusukan, Solo, Septian Wisnu Herlambang pada kesempatan yang sama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat