unescoworldheritagesites.com

Kendalikan Inflasi, BI Solo Gandeng Korem 074 Warastratama Melalui Tanam Cabai - News

Danrem 075/Warastratama Kolonel Inf Anan Nurakhman dan Kepala BI Solo, Nugroho Joko Prastowo usai pemberian bibit cabai (Endang Kusumastuti)

 

: Upaya mengendalikan inflasi di wilayah Solo Raya terus dilakukan Bank Indonesia (BI) Solo dengan menggandeng sejumlah pihak. Salah satunya dengan menggandeng Komando Resor Militer (Korem) 074/ Warastratama, melalui penyerahan bibit tanaman cabai.

Sebanyak 77.000 bibit tanaman cabai didistribuskan oleh BI Solo ke wilayah Solo Raya kepada sejumlah elemen. Hari Senin ini (26/12/2022), mendistribusikan yang terakhir kepada jajaran TNI melalui Korem 074/Warastratama sebanyak 8.500 bibit cabai.

"Intinya ini tindak lanjut dari  pencanangan pergerakan pengendalian inflasi pangan Solo Raya .Salah satunya membiasakan untuk menanamkan tanaman bahan makanan di lingkungan masing masing," jelas Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo, Nugroho Joko Prastowo, usai menyerahkan bibit cabai kepada Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Anan Nurakhman, di Makorem 074/Warastratama.

Baca Juga: KAI Luncurkan Program Hidden Culinary Saat Libur Nataru 2022-2023

Melalui aksi tersebut diharapkan mampu mengurangi tekanan inflasi khususnya dari komoditas cabai. Joko menyebut inflasi dari komoditas cabai cukup tinggi.

Untuk menekan inflasi dari komoditas tersebut, salah satu upayanya adalah dengan membiasakan menamam sendiri. 

"Jadi nanti bisa meluas kepada tanaman lainnya bisa tomat, terong, paprika.  Jadi ini pelajarannya membiasakan menanam sendiri," jelasnya lagi.

Baca Juga: BI Solo dan Paguyuban Kampung Batik Kauman, Bangkitkan Lagi Kauman Sebagai Pusat Kuliner Halal

Melalui kegiatan itu diharapkan mampu mengurangi tekanan inflasi. Apalagi inflasi di Kota Solo relatif lebih tinggi karena banyak  event yang bertubi-tubi di Kota Solo, bulan lalu.

"Berapa besar kontribusi kenaikan harga cabai terhadap inflasi, untuk detailnya saya lupa. Tapi kemarin fenomena cabai naik kan nasional," katanya. 

Pada bulan November lalu, inflasi Kota Solo relatif tinggi bahkan nomor tujuh nasional.  Hal ini dampak dari banyaknya event di Kota Solo. 

Inflasi Kota Solo pada bulan November mencapai 7,29 persen, harapannya di bulan Desember ini tidak melonjak. Karena pihaknya sudah melakukan antisipasi , salah satunya melalui pasar murah. 

Baca Juga: Lirik Lagu Kupilih Dia Cokelat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat