unescoworldheritagesites.com

RI - Brasil Jajagi Peluang Kerja Sama Ketahanan Pangan, Menko Airlangga Sasar Investasi Transfer Teknologi - News

RI - Brasil Jajagi Peluang Kerja Sama Ketahanan Pangan, Menko Airlangga Sasar Investasi Transfer Teknologi Industri Hilir (Humas Kemenko Ekonomi)

: Tak merugi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendapat kunjungan dari Menteri Pertanian (Mentan) Brasil Carlos Fávaro di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Dalam pertemuan yang berlangsung penuh keakraban, Menko Airlangga dan Mentan Favaro berdiskusi banyak soal upaya pencapaian ketahanan pangan kedua negara. RI-Brasil pun menjajagi sejumlah peluang kerja sama mulai dari bidang pertanian, peternakan hingga penelitian.

Berbicara mengenai dampak El Niño, Menko Airlangga menyampaikan beberapa strategi ketahanan pangan, seperti pengembangan food estate di beberapa lokasi di Indonesia.

8 Baca Juga: Kemenpora Sambut Khusus Kampiun Skuad Paralayang Indonesia Ajang FAI World Paragliding Accuracy Championship

“Saat ini Indonesia tengah membangun food estate baru di beberapa lokasi di Indonesia. Kami mengundang Brasil untuk berinvestasi pada pengembangan food estate komoditas tebu dan jagung,” ungkap Menko Airlangga, dikutip dari laman resmi Kemenko Ekonomi, ekon.go.id.                                                                                         
Selain itu, kebutuhan jagung untuk bahan pakan ternak di Indonesia masih tinggi sehingga Brasil berpotensi menjadi pemasok jagung di Indonesia.

Sebagai salah satu produsen jagung dunia, pasokan jagung Brasil diharapkan dapat menurunkan harga pakan ternak di Indonesia, yang akan berdampak pada stabilnya harga komoditas pangan lain seperti telur dan ayam.

Baca Juga: Pantai Kejawanan Cirebon, Surga Pantai Favorit di Jawa Barat

“Indonesia juga berkomitmen untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 melalui percepatan transisi energi,” ujar Menko Airlangga.

“Kami juga mengundang Brasil untuk bekerja sama dalam bentuk transfer teknologi maupun investasi pada industri hilir gula dan bioetanol,” lanjut Menko Airlangga.

Meningkatkan Kualitas Pertanian
 
Sebelumnya mengawali pembicaraan, Menteri Fávaro menyampaikan komitmen Pemerintah Brasil untuk membangun sektor pertanian yang berkelanjutan dengan tetap fokus pada target pengurangan emisi karbon, serta membangun hubungan dengan mitra dagang Brasil di Asia.

Baca Juga: Indosat Berdayakan Indonesia secara Digital Lewat Transformasi Digital

“Brasil telah berhasil keluar dari negara importir menjadi negara eksportir untuk sektor pertanian, dan kami membuka diri untuk membantu Indonesia dalam transfer teknologi dalam peningkatan kualitas dan produksi pertanian,” ungkap Menteri Fávaro.

Menteri Fávaro juga berharap adanya kelancaran perdagangan antara pelaku usaha Indonesia dan Brasil pada sektor perdagangan dan peternakan dengan tetap menjaga kualitas, kebersihan, dan harga yang bersaing dengan kompetitor lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat