unescoworldheritagesites.com

BPTJ Kemenhub segera Hadirkan Layanan Bus BTS di Kabupaten Bogor - News

BPTJ Kemenhub hadirkan layanan Bus BTS di Kabupaten Bogor.

:  Setelah di Kota Bogor dan Kota Bekasi, giliran di Kabupaten Bogor dihadirkan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Kementerian Perhubungan   angkutan umum Buy the Service (BTS). Untuk itu telah ditandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU)  tentang program subsidi angkutan umum Buy the Service (BTS) dengan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Penandatanganan dilakukan oleh Plt Kepala BPTJ Suharto dengan Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu di Ruang Rapat Bupati Bogor, Cibinong, Rabu (3/1/2024).

Plt Kepala BPTJ Suharto menjelaskan, Bus BTS akan segera melayani masyarakat di Kabupaten Bogor dengan pembiayaan dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Kemenhub Kenakan Tarif Khusus Bus BTS Bagi Pelajar, Lansia & Disabilitas di 10 Kota

Rute Bus BTS akan melintas di dua wilayah yakni Kabupaten Bogor dan Kota Bogor dengan rute Cibinong-Ciparigi. Diharapkan rute ini dapat beroperasi pada Bulan Februari mendatang. Rute tersebut merupakan rute prioritas dari 7 rute yang diusulkan Pemkab Bogor dan memiliki peluang untuk dapat diintegrasikan dengan rute lain di Kota Bogor.

Layanan ini merupakan suatu layanan integrasi antara Kabupaten Bogor (Cibinong) dengan Kota Bogor (Ciparigi) sepanjang 23,05 km. Kami harapkan masyarakat akan lebih diuntungkan dengan adanya suatu layanan integrasi angkutan umum dengan skema BTS ini”, jelas Suharto.

Dia mengapresiasi Pemkab Bogor yang juga berencana akan mengupayakan untuk mendanai operasional Bus BTS melalui APBD untuk 6  koridor lain yang akan dikembangkan kedepannya.

Baca Juga: Top Manajemen BSI Menjamin Pelayanan Optimal Selama Libur Akhir Tahun

Hal ini sejalan dengan langkah Kemenhub yang terus mendorong pemerintah daerah untuk membiayai secara mandiri operasional layanan Bus BTS.

“Kami bangga bahwa Kabupaten Bogor kedepannya akan berinisiasi untuk mengupayakan skema BTS melalui APBD dan sudah mempunyai master plan terkait pelayanan angkutan umum pada 7 koridor”, ungkap Suharto.

Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyampaikan terima kasih kepada Kemenhub melalui BPTJ yang telah mengadakan layanan ini. Ia berharap, layanan ini dapat menjadi solusi permasalahan kemacetan di Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Menhub Inginkan Pelayanan Angkutan Jalan Lebih Dimaksimalkan

"Kami ingin mengurai kemacetan lalu lintas kendaraan, nantinya angkot yang bersinggungan dengan bus BTS akan melayani trayek baru atau lainnya," ungkapnya.

Sementara itu, anggota Tim Percepatan Pembangunan Strategis (TP2S) Kabupaten Bogor Yayat Supriyatna Yayat Supriyatna mengapresiasi dan mendukung perubahan layanan transportasi umum massal di wilayah Jabodetabek. Ia menyebut peran Pemerintah daerah sangat diperlukan dalam melakukan perubahan tersebut dengan menyediakan pendanaan secara mandiri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat