unescoworldheritagesites.com

PT KAI Daop 6 Yogyakarta Optimalkan KA Batara Kresna Rute Solo-Wonogiri - News

KA Batara Kresna rute Solo-Wonogiri saat berhenti di Stasiun Sukoharjo (Endang Kusumastuti)

 

:  PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta mengoptimalkan KA Batara Kresna rute Stasiun Purwosari-Stasiun Wonogiri (PP). KA Batara Kresna yang merupakan KA perintis tersebut melewati lima stasiun.

Yakni Stasiun Purwosari, Solokota, Sukoharjo, Pasar Nguter, dan Wonogiri. KA Batara Kresna tersebut cukup istimewa karena melewati jalur KA yang berada di tengah-tengah Kota Solo.

"Okupansi penumpang KA Batara Kresna pada tahun 2019 atau sebelum pandemi Covid-19 mencapai 83.000 an tapi tahun 2020 dan 2021 mengalami penurunan karena pandemi. Tahun 2022 ini sejak Januari hingga Oktober okupansi sudah mencapai 67.000 an," jelas Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo di sela-sela kegiatan Sosialisasi KA Batara Kresna, dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Sukoharjo, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: Injourney dan Pura Mangkunegaran Kembangkan Wisata Jalur Heritage

Masyarakat hanya membayar tiket sebesar Rp4.000 sekali perjalanan. Untuk  waktu tempuh dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Wonogiri selama 1 jam 45 menit dengan kecepatan 10-30 km/jam.

“Bagi masyarakat yang menghindari macet ataupun capek ketika ingin bepergian dari daerah Solo ke Wonogiri atau sebaliknya dapat menggunakan KA Batara Kresna. Selain itu, tiket KA Batara Kresna juga sangat terjangkau," jelasnya lagi.

Selama perjalanan,  penumpang KA Batara Kresna juga disuguhi pemandangan yang mengesankan.  Lepas dari Stasiun Purwosari, penumpang disuguhi  pemandangan ramainya Kota Solo. 

Baca Juga: Diketahui Persegi Panjang dengan Panjang 5 cm dan Lebar 3 cm. Hitunglah Luas dan Kelilingnya!

Setelah itu perlahan pemandangan akan tergantikan dengan hijaunya persawahan yang membuat hati tentram. Rel Kereta di Wonogiri yang berada di kaki Gunung Gandul termasuk dataran tinggi sehingga membuat penumpang dapat melihat sedikit landskap wilayah Kabupaten Wonogiri.

"KA Batara Kresna memiliki tiga rangkaian dengan masing-masing kapasitas tempat duduk sebanyak 26 sehingga total ada 70 tempat duduk. Dan 50 persen berdiri sehingga total kapasitas ada 117 penumpang,," tambah PPK Penyelenggaran Subsidi Angkutan Perintis KA, Abdurrohman.

Untuk meningkatkan pelayanan, pihaknya berencana meningkatkan jalur KA berupa penggantian rel R.42 (sebagian R.33) bantalan besi menjadi rel R.54 bantalan beton, tahun depan. Agar kecepatan operasional KA Batara Kresna makin optimal.

Baca Juga: Sambut Nataru 2023, KAI Daop 8 Kerahkan 8 KA Tambahan

"Keberadaan KA Batara Kresna juga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian antara wilayah Wonogiri dan Kota Solo," ujar Kepala Seksi Lalu Lintas, Sarana dan Keselamatan BTP Jabagteng, Dini Febrianty.
***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat