unescoworldheritagesites.com

Laba Sale Pisang Barsah Binaan PLN Makin Melonjak Berkat TikTok - News

Orang Jepang meminati sale pisang milik UKM binaan PLN

: Laba Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan PLN Peduli berkembang pesat pasa pemanfaatan sosial media untuk membantu pemasaran. UKM Sale Pisang Barsah di Probolinggo itu bahkan mengklaim bisa untung puluhan juta rupiah perbulan.

Lonjakan laba UKM yang dibentuk sejak tahun 2014 oleh sekelompok warga di Desa Patemon, Kecamatan Krejengan, Probolinggo ini sangat menggembirakan warga setempat. "Perkembangan teknologi sangat membantu dalam pemasaran produk mereka," ujar General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM), Didik F Dakhlan, Senin (18/12/2022).

Kini laba UKM yang menjadi binaan PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) sejak pertengahan tahun 2022 ini sudah dirasakan para pelakunya. Pembinaan mitra binaan PLN Peduli itu sendiri akan terus dilakukan agar mereka berkembang maju dan mandiri.

Baca Juga: Lirik Lagu Care Bebek by Jejeg Bulan yang Mendadak Viral

Jadi, kata dia, PLN bukan hanya mengurusi sistem kelistrikan, tapi juga memenuhi tanggung jawab untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki masyarakat di sekitar aset kami melalui program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL).

Menurut Wasilah selaku ketua kelompok UKM, pemasaran sale pisang tidak hanya dari market place dan penitipan pusat oleh-oleh. Tapi juga dari media sosial yang digemari dari semua kalangan (Facebook, Instagram, TikTok).

“Keuntungan yang kami peroleh setiap bulannya kurang lebih mencapai 15-20 juta dan tak kurang dari 75% keuntungan tersebut berkat dari pemasaran melalui TikTok," ujarnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Hampa by Ari Lasso yang Kembali Viral

Untuk dalam negeri, pihaknya sudah menjual ke Sumatera, Pulau Jawa Nusa Tenggara hingga Kalimantan. Produknya juga sudah sampai Singapore dan Jepang sebagai oleh-oleh.

Wasilah juga berharap untuk kedepannya Sale Pisang Barsah dapat dinikmati hingga mancanegara dan menambah tenaga kerja. Saat ini, pengikut dari akun TikTok @wasilahbarsah mencapai lebih dari 7000 followers.

“Kami ingin produk ini dapat di ekspor ke luar negeri agar bisa membanggakan Indonesia khususnya Kabupaten Probolinggo. Tahun depan kami sedang upayakan agar Sale Pisang ini dapat masuk ke toko-toko perbelanjaan salah satunya Indomaret”, lanjut Wasilah.

Baca Juga: Lirik Lagu Bintang Kehidupan by Nike Ardilla Yang Melegenda

Dukungan juga disampaikan Wakil Bupati Probolinggo terhadap pengembangan UKM di wilayahnya. Dia berharap UKM dapat terus maju dan mandiri kedepannya sehingga bisa membuka banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN atas bentuk perhatiannya melalui PLN Peduli kepada UKM yang ada di Kabupaten Probolinggo, salah satunya Sale Pisang Barsah. Ini salah satu wujud kolaborasi yang amat baik antara Pemerintah Daerah dan Instansi untuk kemajuan masyarakat”, ujar Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prohanjoko. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat