unescoworldheritagesites.com

BRI Memanusiakan Manusia Melalui Bantuan UMKM - News

BRI Memanusiakan Manusia Melalui Bantuan UMKM (Istimewa)


: Membantu masyarakat kecil keluar dari kemiskinan adalah bentuk memanusiakan manusia.

Membantu warga kecil apalagi melalui UMKM justru sangat memanusiakan. Karena  dasar aktifitas  dapat dipertanggungjawabkan.

Sebagai contoh  kebanyakan warga kecil di pedesaan meminjam dana modal  dari pihak swasta. Dengan konsekwensi bunga tinggi.

Baca Juga: Sepotong Cerita Literasi Finansial versi BRI

Kalau begitu  dapat diartikan bahwa melalui UMKM ini BRI  berupaya memanusiakan manusia keluar dari lingkaran  rentenir di pedesaan.

Tekad BRI berupaya bersama masyarakat  menumbuhkan UMKM dari  perkotaan hingga ke  pedesaan.

BRI buktikan itu tahun 2022 lalu. Berbagai kegiatan kemasyarakatan digelar BRI pada sejumlah kota di Indonesia.

 Komitmen BRI tersebut untuk ikut serta menumbuhkan perekonomian melalui bantuannya terhadap UMKM.

Hal itu menjadi alasan perhelatan Pesta Rakyat Simpedes  yang digelar secara nasional  di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Pascasarjana IAIN Sorong Naik Tingkat Akreditasi Menjadi Baik Sekali

PRS  itu bertujuan untuk memberdayakan para UMKM, memberikan literasi digital. Serta memberikan pelayanan yang utuh bagi para nasabah BRI.

PRS BRI telah sukses diselenggarakan  tahun 2022 bulan Juni hingga Desember di 12 kota Malang, Medan, Karawang, Semarang, Tasikmalaya, Palembang, Lampung, Tangerang, Makassar, Mojokerto, Denpasar dan Solo.

PRS 2022 hadirkan 1.263 UMKM yang ikut meramaikan perhelatan PRS dan merupakan UMKM binaan BRI dan unggulan pada masing-masing kota.

Sebanyak 350 ribu pengunjung teredukasi keuangan digital oleh BRI pada seluruh kota yang disambangi PRS 2022.

Acara Pesta Rakyat Simpedes 2022 ini dilaksanakan dengan tema ‘ Pede Memimpin Perubahan’ dan mengusung 6 (enam) pilar yaitu Pasar, Panggung, Pojok X’sis, Peduli, Pawai, dan Panen.

Baca Juga: Lirik Lagu Cinta Tak Berlabuh - Iyet Bustami

Corporate Social Responsibility (CSR).

Selama dua hari kegiatan ini berlangsung, tercatat PRS BRI 2022 di Kota Solo dihadiri oleh 15 ribu pengunjung serta melibatkan 110 UMKM binaan BRI dan UMKM unggulan yang berasal dari Kota Solo.

Berakhirnya PRS 2022 di Solo juga mendapatkan apresiasi langsung dari Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa.

 “Senang sekali Kota Solo didatangi oleh BRI untuk memberdayakan UMKM di Kota Solo. Kami harapkan kegiatan ini dapat membangkitkan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya di Kota Solo," katanya.

 Ia  juga apresiasi atas bantuan KUR yang diberikan oleh BRI kepada UMKM yang juga bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kota Solo,“ ujar Teguh.

Gelaran PRS sukses digelar di Solo, Regional CEO BRI Kanwil Yogyakarta, John Sarjono harapkan kegiatan ini bisa diteruskan di tahun 2023.

Baca Juga: Lirik Lagu Cinta Tak Berlabuh - Iyet Bustami

“Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Kota Solo ini menandakan berakhir PRS di tahun 2022. Kami berharap kegiatan yang tujuannya mendukung para UMKM ini bisa digelar kembali tahun depan, dan tentunya masyarakat di Solo ini juga sudah banyak teredukasi dalam penggunaan uang digital atau cashless ” ujar John.

Ini adalah salah satu upaya BRI memanusiakan manusia di Indonesia. Agar tidak lagi tergantung pada rentenir. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat