unescoworldheritagesites.com

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Kembali Berangkatkan Calon Jemaah Umrah - News

Bandara Sultan Mahmud Badarudin berangkatkan kembali calon jemaah umrah

: Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara M Kristi Endah Murni, Rabu (9/8/2023) melepas keberangkatan penerbangan jemaah umrah PT Lion Mentari Airlines dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II), Palembang, tujuan langsung Madinah Arab Saudi.

Penerbangan umrah perdana setelah pandemi Covid-19 ini menjadikan konektivitas baru bagi Bandara SMB II, yang juga menjadi jalur penting bagi masyarakat sekitar untuk membuka potensi ekonomi di wilayah Sumatera Selatan.

Palembang menjadi kota ke-11 yang melaksanakan penerbangan umrah secara direct (langsung) ke Arab Saudi. Sebelumnya penerbangan umrah dilaksanakan dari Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, Banda Aceh, Pekanbaru, Batam, Balikpapan, Kertajati dan Semarang.

Baca Juga: Bandara JB Soedirman Purbalingga Bersiap Layani Feeder Penerbangan Umrah

"Selama ini penerbangan umrah fokus melalui Bandara Soekarno-Hatta, maka dengan hadirnya penerbangan umrah secara langsung dari Palembang akan merelaksasi beban Bandara Soekarno-Hatta," tutur Kristi.

Menggunakan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-076 membawa 433 penumpang. Penerbangan akan dilaksanakan 2 kali per minggu setiap Rabu dan Kamis.

Saat ini Palembang telah terhubung dengan delapan (8) kota domestik, yaitu Jakarta, Bandung, Batam, Denpasar, Medan, Pangkal Pinang, Surabaya dan Yogyakarta.

Baca Juga: Menko PMK: Kertajati Siap Jadi Bandara Pemberangkatan Haji dan Umrah

"Kami senantiasa mendorong maskapai penerbangan nasional untuk dapat mengambil peran aktif melaksanakan penerbangan dengan membawa penumpang untuk tujuan umrah dari berbagai lokasi," kata Kristi.

Jemaah umrah dari Indonesia cukup banyak dan potensinya akan terus bertambah. "Fasilitas sarana dan prasarana di bandara ini telah lengkap. “Karenanya, mari manfaatkan dengan sebaik-baiknya agar memberikan kontribusi dan dampak positif bagi perkembangan perekonomian nasional secara umum," tuturnya.

Dalam kesempatan ini Kristi mengimbau agar dukungan dan kerja sama dari kementerian, lembaga dan seluruh pemangku kepentingan baik pusat maupun daerah lebih ditingkatkan agar penyelenggaraan penerbangan umrah di Bandara SMB II dapat dilakukan secara berkelanjutan dan terlaksana lancer, selamat, aman, dan nyaman.

Baca Juga: Sempat Gagal Berangkat, 21 Jamaah Dibantu Polresta Bandara Soetta Jalankan Ibadah Umrah

"Kami mengapresiasi usaha dan kerja keras serta kerja sama semua pihak termasuk pemerintah daerah Sumsel, PT Lion Mentari Airlines, para travel agent serta pihak terkait lainnya atas terselenggaranya penerbangan umrah ini.  Semoga antusiasme masyarakat yang akan terbang dari Palembang semakin meningkat baik untuk melaksanakan ibadah umrah maupun penerbangan domestik lainnya," harap Kristi.

Harapan lainnya makin banyak maskapai yang akan beroperasi dengan membuka rute penerbangan dari/ke Palembang dengan menambah kapasitas penerbangan, sehingga hal ini mampu mendukung pemulihan operasional penerbangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Sumatera Selatan dan sekitarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat