unescoworldheritagesites.com

Semua Angkutan Udara Perintis Diminta Beroperasi di Semua Korwil - News

angkutan udara perintis diminta dioperasionalkan keseluruhan demi tingkatkan konektifitas

: Program angkutan udara perintis penumpang dan kargo tahun 2023 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan sudah terlaksana semua di 21 Koordinator Wilayah (Korwil) Januari 2023.

Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Hubud M Kristi Endah Murni, Selasa (24/1/2023) di Jakarta. "Setelah penandatangan kontrak pada akhir Desember 2022 lalu, akhirnya semua Korwil telah melakukan penerbangan perdana perintisnya, baik penumpang maupun kargo," tuturnya.

Kristi menjelaskan tahun 2023,  penyelenggaraan angkutan udara perintis yang dilayani oleh 21 Korwil dengan jumlah rute angkutan udara perintis 220 rute penumpang dan 41 rute kargo, merupakan salah satu langkah pemerintah dalam rangka meningkatkan konektifitas dan mengatasi persoalan logistik di daerah terpencil, tertinggal, terluar dan perbatasan (3TP).

Baca Juga: Angkutan Udara Perintis Telah Direalisasikan Awal 2023

"Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat merasakan kehadiran negara dalam memenuhi kebutuhan pokok dan logistik yang berkelanjutan. Selain itu, juga mampu menekan disparitas harga kebutuhan pokok di wilayah 3TP sehingga tidak terjadi perbedaan harga yang terlalu jauh serta memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya yang memiliki keterbatasan akses,” ujarnya.

21 Korwil pengelenggara angkutan udara perintis masing-masing: 1. Korwil Sinabang; 2. Korwil Gunung Sitoli; 3. Korwil Singkep; 4. Korwil Kuala Pembuang; 5. Korwil Tarakan; Korwil Samarinda; 7. Korwil Sumenep; 8. Korwil Masamba; 9. Korwil Waingapu; 10 Korwil Ternate; 11. Korwil Langgur.

Baca Juga: Ditjen Hubud dan Operator Penerbangan Tandatangani Kontrak Angkutan Udara Perintis 2023

Selanjutnya 12. Korwil Sorong; 13. Korwil Manokwari; 14. Korwil Nabire; 15. Korwil Elelim; 16. Korwil Wamena; 17. Korwil Timika; 18. Korwil Merauke; 19. Korwil Tanah Merah; 20. Korwil Dekai; dan 21. Korwil Oksibil.

Kristi berharap masing-masing Korwil dan operator penerbangan yang telah ditetapkan untuk tetap konsisten dan bertanggung jawab sampai kontrak selesai sehingga program angkutan udara perintis ini dapat berjalan lancar, selamat, aman dan nyaman.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat