unescoworldheritagesites.com

Penutupan K3 Nasional, PLN Nusantara Power Borong 46 Penghargaan Zero Accident - News

PLN Nusantara Power saat menerima penghargaan

: PLN Nusantara Power (PLN NP) memborong 46 penghargaan zero accident di unit pembangkit dalam penutupan bulan K3 Nasional. Subholding pembangkitan terbesar di Asia Tenggara ini juga berhasil meraih 4 penghargaan Kinerja Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Terbaik dan 4 penghargaan Panitia Pembinaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (P2K3).

Menurut Direktur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah, perusahaannya berkomitmen mewujudkan nihil kecelakaan kerja di seluruh unit pembangkit dan lini bisnis yang dikelola PLN NP.

“Tidak ada yg lebih penting dari nyawa manusia (karyawan). Kami ingin mengintegrasikan budaya zero accident di seluruh unit pembangkit yang dikelola PLN Nusantara Power. Penghargaan ini jadi pengingat agar perusahaan dapat terus berbenah menuju arah yang lebih baik," ujarnya, Kamis (16/2/2023).

Baca Juga: Lirik Lagu Ayang by Nabila Maharani 'Peluklah tubuhku Kecup keningku..' Sedang Viral

Penghargaan di level nasional dan provinsi yang diborong PLN NP ini dianugerahkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker) dalam rangka Bulan K3 Nasional yang jatuh pada Januari hingga Februari.

Secara khusus, PLN NP memberikan atensi yang lebih pada aspek K3, karena pembentukan subholding ini menjadikan unit pembangkit yang dikelola menjadi semakin bertambah.

Penambahan serta lokasi unit pembangkit yang tersebar di seluruh Indonesia ini menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan untuk dapat mengintegrasikan proses dan alur kerja terbaik agar tercapai konsistensi nihil kecelakaan kerja.

Baca Juga: Lirik Lagu Muak by Aruma 'Muak, Aku Muak' Langsung Viral Karena Ini

PLN Nusantara Power sendiri telah mengoperasikan pengelolaan K3 berbasis aplikasi seluler bernama Izat dan telah berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi di tingkat internasional, Stevie Award.

"IZAT (Zero Accident Assistant Application) merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengoptimalkan seluruh proses bisnis bidang K3 dalam bentuk pembuatan aplikasi pengelolaan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi proses bisnis K3," ujarnya.

Selain aplikasi yang telah berhasil dikembangkan, di setiap unit pembangkit PLN NP juga dibentuk tim fire rescue sebagai tim tanggap darurat dan tim pertama dalam penanggulangan jika terjadi kebakaran di tempat kerja. PLN NP menjadi juara II dalam Fire Drill Competition yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero) pada bulan Februari ini.

Baca Juga: Lirik Lagu Ego, Lagu Terbaru Lyodra yang Langsung Viral

K3 yang merupakan aspek penting bagi sustainability perusahaan terkait perlindungan ketenagakerjaan dalam pengelolaan keselamatan ketenagalistrikan serta merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja untuk mewujudkan visi K3 yakni nihil kecelakaan kerja dan nihil penyakit akibat kerja.

PLN Nusantara Power sendiri berencana akan terus mengedepankan dan mengutamakan keselamatan jiwa seluruh karyawannya dalam mengoperasikan unit pembangkit yang dimilikinya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat