unescoworldheritagesites.com

KAI Daop 6 Yogyakarta Prediksi Puncak Arus Mudik, 20 April - News

Executive Vice President Daop 6 Yogyakarta, Raden Agus Dwinanto Budiadji saat memberikan keterangan terkait angkutan Lebaran 2023 (Endang Kusumastuti)

: Puncak arus mudik Lebaran tahun 2023 di Daop 6 Yogyakarta, diprediksi terjadi tanggal 20 April 2023 dengan jumlah penumpang 20.276 orang. Sedangkan arus balik Lebaran diprediksi terjadi pada tanggal 30 April dengan jumlah penumpang sebanyak 27.073 orang.

"Junlah ini meningkat dibandingkan Lebaran tahun 2022 yakni sebanyak 14.736 penumpang," jelas Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Raden Agus Dwinanto Budiadji, saat konferensi pers Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2023 di Stasiun Solobalapan, Kota Solo, Rabu (12/4/2023).

Lebih lanjut, Agus mengatakan untuk.arus Lebaran 2023 ini, diproyeksikan ada peningkatan penumpang untuk KA jarak jauh sebanyak 36 persen. Sedangkan untuk KA lokal juga naik 20 persen.

Baca Juga: Selama Ramadan, Omzet Pedagang Kampung Bandar Binaan PLN Melonjak 2 Kali Lipat

"Jadi secara total jarak jauh dan kereta komuter ini kita proyeksikan naik 43 persen dibandingkan dengan tahun lalu," jelasnya lagi.

Kenaikan jumlah penumpang tersebut, selain karena PT KAI menambah kapasitas penumpang juga karena pengendalian Covid-19 tahun ini sedikit lebih baik tahun sebelumnya.

"Walaupun memang kami masih menerapkan persyaratan naik kereta api ini masih sama artinya masih booster atau vaksin ketiga. Tapi khususnya untuk anak-anak di bawah 17 tahun ini cukup vaksin kedua," katanya.

Baca Juga: Kapolri: Selama 2022, 15.809 Perkara Telah Selesai dengan Restorative Justice

Untuk tahun ini PT KAI menambah kapsitas tempat duduk hibgga 19 persen. Selain itu juga ada tambahan untuk kereta motor gratis (motis) yang dirangkaikan dengan penumpang gratis.

"Untuk tiket KA PSO atau subsidi seperti KA Bengawan saat ini sudah sampai 100 persen tingkat okupansinya untuk arus mudik," katanya lagi.

Sedangkan untuk KA komersial, untuk tanggal tertentu masih cukup banyak tiket tersedia. Yakni tanggal 14 hingga 19 April. KAI juga telah menyiapkan harga promo jual tiket murah.

Baca Juga: Sidang Isbat Lebaran 2023 Telah Ditentukan Jadwalnya, Kemenag: Ada Potensi Perbedaan Hari Raya Idul Fitri 2023

"Silakan dimanfaatkan, untuk hari H, tanggal 22 dan 23  April biasanya masih tersedia dan lebih banyak penumpang yang beli tiket go show," ucapnya.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo menambahkan Daop 6 Yogyakarta menyiapkan delapan KA tambahan di Daop 6.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat