unescoworldheritagesites.com

Menko Marves Luhut Yakinkan Rakyat, Perekonomian Indonesia Diperhitungkan Dunia: Selangkah Jadi Negara Maju - News

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meyakinkan rakyat bahwa perekonomian Indonesia akan diperhitungkan dunia tak ragu selangkah lagi jadi negara maju (AG Sofyan)

 
 
: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) meyakinkan kepada masyarakat tentang masa depan perekonomian Indonesia yang cerah, setidaknya dalam 1 dekade mendatang. Optimis selangkah lagi jadi negara maju.
 
Di hadapan para pengusaha, Menko Marves Luhut memberikan pandangannya masa depan perekonomian RI yang semakin membaik.
 
 
"Salam 8 tahun terakhir, Indonesia telah mentransformasi ekonomi menjadi lebih efisien, lebih maju, dan tidak terlalu bergantung pada komoditas," ujar Menko LBP dalam acara Komite Bilateral Tiongkok-Kadin Indonesia di Jakarta, Minggu (24/7/2022).
 
Kondisi ini, kata LBP, bisa dicapai melalui hilirisasi industri, peningkatan efisiensi melalui digitalisasi, dan transformasi perdesaan.
 
 
"Melalui upaya transformasi ekonomi yang konsisten, ekonomi Indonesia dapat selangkah lagi menuju menjadi negara maju. Dalam satu dekade ke depan, PDB Indonesia dapat meningkat hingga 3,0 triliun dollar AS dengan pendapatan per kapita di kisaran 10.000 dollar AS," tegas menteri senior di dua Pemerintahan Jokowi ini.

Menurut Menko LBP, ketahanan ekonomi Indonesia didorong oleh proses transformasi ekonomi serta tidak lagi mengandalkan komoditas mentah.

Baca Juga: Lirik Maju Tak Gentar, Lagu Wajib Nasional Beserta Maknanya

"Cara Indonesia tembus jadi negara maju, tentu tidak andalkan ekspor komoditas mentah," tegas 

Dengan program hilirisasi industri Indonesia, ungkap LBP, IndonesIa mendapat transfer teknologi, nilai tambah, serta penciptaan lapangan kerja untuk tenaga kerja lokal.

Baca Juga: Program Optimalisasi Penyediaan Akses Air Bersih Di Kampung Kayas Dipaparkan Dalam Konferensi Internasional

"Hal ini juga membuat pemerataan ekonomi khususnya di daerah luar Jawa. Contoh saja MIP, IWIP, Kaltara, hilirisasi EV Battery Supply Chain. Melalui hilirisasi industri, pembangunan menjadi lebih merata dan mendorong industrialisasi di wilayah timur Indonesia," beber purnawirawan Jenderal Kopassus ini.

Dia meyakini semakin banyak potensi pengembangan hilirisasi industri di Indonesia, yang juga dapat dilakukan secara multi-partit dengan kerja sama multi negara.

Baca Juga: Kasus Polisi Tembak Polisi, Advokat Nusantara Minta Penyidik Polri Tidak Terpengaruh Opini Publik

Untuk mendorong kolaborasi di tingkat global, Indonesia aktif menjalin kerja sama dengan berbagai negara dunia.

"Para pengusaha dapat saling berkolaborasi untuk melengkapi mata rantai industri di Indonesia, menjaga kestabilan ekonomi Indonesia, dan membawa Indonesia ke level PDB negara maju," ucap mantan Menko Polhukam ini.

Baca Juga: Masuk Tahap Penyidikan Kasus Dugaan Pembunuhan Brigadir J

Penanganan Masalah Migor Tak Beda dengan Covid-19

Menko Marves ini juga bercerita soal penanganan minyak goreng di tanah air yang harganya sempat melejit hingga barangnya sempat langka di pasaran.

LBP menunjuk salah satunya perang Rusia dengan Ukraina, akan berdampak terhadap stabilitas perekonomian dunia dan IndonesIa. Ketidakpastian situasi global inilah yang harus cerdas disikapi oleh Pemerintah dan rakyat kita.

Baca Juga: Lirik Lagu Mama dari Inggris

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat